≡ Menu

Dampak Negatif Memakai Cheat External pada Suatu Game

Melakukan hal curang pada sebuah game adalah hal yang sangat tidak baik, apalagi jika itu adalah game online maka tidak akan ada keseruan yang bisa dirasakan. Lama-kelamaan ketika pengguna selalu mencurangi berbagai game, akan kehilangan daya tarik game itu sendiri karena dirasa membosankan.

Berbeda jika tidak pernah mencurangi game tersebut, maka alur permainan akan sedikit berbeda dan membuat pemain merasakan adanya tantangan tersendiri yang harus bisa dipecahkan disuatu hari nanti. Tapi ternyata ada lho hal-hal negatif yang bisa terjadi ketika pengguna memakai cheat yang diunduh dari suatu website.

Contohnya saja cheat game Point Blank, Crossfire, atau apapun itu, hal yang membuatnya sedikit menakutkan adalah pemain diharapkan untuk mematikan program antivirus untuk sementara karena berkas cheat tersebut akan dianggap sebagai software jahat.

Dampak Negatif Memakai Cheat External pada Suatu Game

Ketika Program Antivirus Dimatikan

Tidak masalah jika pengguna mengunduh berkas cheat dari website yang terpercaya yang mana tidak menyediakan virus didalamnya. Tapi berbeda lagi jika mengunduh secara ugal-ugalan atau langsung mencoba tanpa tahu aturannya, hal itulah yang menyebabkan kejanggalan nantinya.

Baca juga: Avast – Software Anti Virus Cocok Untuk PC Low-End

Dan ketika antivirus sudah dimatikan, biasanya masih ada satu penghalang yaitu Windows Defender dan jika itu dimatikan juga, alhasil tak ada pengaman apa-apa pada komputernya. Sehingga berkas cheat itu dapat melakukan sesuka hatinya seperti menambah keylogger atau segala hal yang bertujuan dari sistem.

Sama halnya mengunduh file keygen, bahwa file cheat pun biasanya juga menyuruh untuk dijalankan pada mode administrator. Dengan mengijinkan itu, secara otomatis file cheat dapat memasuki segala direktori sistem tanpa perlu pemberitahuan lagi, atau bahkan mengatur segala hal yang ada di komputer termasuk menghapus atau menambah data baru.

Hal Negatif Memakai Cheat Game

Apabila pengguna telah membaca sesuatu diatas, pasti sudah dapat disimpulkan bahwa yang akan dibagikan sekarang ini terbilang menakutkan. Tetapi Saya tidak bermaksud untuk menakut-nakuti untuk memakai berkas cheat selama itu aman untuk komputer dan setidaknya pengguna harus mengenali website penyedia cheat itu. Berikut ini hal-hal negatif dari pemakaian cheat external yang berlebihan.

  • Ketidakstabilan Komputer – Biasanya perangkat akan mudah panas atau CPU terus saja meningkat, dan ini bisa dikatakan bahwa terdapat hal ganjal yang memasuki bagian latar belakang perangkat itu yang mana sedang mengeksekusi sesuatu terus menerus sehingga komputer terus bekerja.
  • Terinfeksi Adware – Walau adware tak begitu berbahaya, namun itu bisa menghabiskan kuota internet dikarenakan perangkat akan secara otomatis melakukan load ke server adware dan mengunduh sesuatu atau menampilkan suatu banner tiba-tiba di layar.
  • Akun Game Diblokir – Satu-satunya hal negatif yang paling populer ketika mencurangi sebuah game online adalah akun yang dimiliki akan diblokir dan tidak akan dapat dihidupkan kembali. Ini adalah cara supaya pengguna bisa jera dan tak melakukan itu lagi.
  • Disusupi Keylogger – Jika perangkat sudah disusupi oleh Keylogger, maka tingkat keamanan pengguna disaat mengunjungi suatu website secara online tidak akan bisa dikatakan aman lagi. Misalnya jika pengguna mencoba untuk masuk akun Facebook, maka kata sandi dan segala informasi akan dikirimkan ke server peretas itu melalui Keylogger yang terselip di perangkat.
  • Tak Bisa Mengakses Suatu Website – Biasanya terdapat suatu cheat yang akan menghapus segala hal didalam file bernama hosts yang mana file tersebut adalah jalur koneksi layaknya firewall. Mereka memasukan banyak URL disana sehingga pengguna tak bisa mengunjungi website itu lagi kecuali mengaturnya kembali ke semula.
  • Suatu Berkas pada Game Itu Bisa Corrupt – Kegagalan dalam menggunakan cheat akan berdampak pada corruptnya suatu file yang ada pada direkori game yang akan dicurangi. Jika suatu berkas terindikasi corrupt, bisa jadi pengguna tak bisa lagi memainkannya kecuali memasang ulang game itu.

Untuk saat ini hanya itu saja yang Saya ketahui. Dan cara mencegah supaya hal diatas tidak terjadi hanyalah satu, yaitu jangan pernah mencurangi game lagi dan bermain normal seperti yang lainnya.

Tips Menjadi Pemain Normal

Memang benar bahwa kata curang pada game virtual adalah sesuatu yang terasa nyaman sekali karena dapat melakukan apapun semau kita. Tetapi itu hanya akan menghancurkan sensasi permainan dan lebih cepat meninggalkan game itu.

Baca juga: Beberapa Tips Membuat Ponsel Android Tetap Aman

Sama seperti pemain normal juga, ketika terdapat orang yang mencurangi, hal itu akan membuat sensasi permainan hilang dan ingin bergegas berganti ke game lainnya. Disini Saya akan memberikan sedikit tips supaya pengguna bisa betah menjadi pemain normal tanpa perlu beralih ke game lain.

  • Keluar Room jika Terdapat Cheater – Satu solusi ini adalah cara terbaik untuk mengurangi keuntungan yang dihasilkan oleh cheater tersebut yang mana selalu menghabisi pengguna terus menerus tanpa ampun.
  • Melaporkan ke GM Secara Langsung – Jika pengguna sangat geram pada suatu cheater, itu bisa dilaporkan juga lho pada website penyedia game tersebut. Biasanya mereka menyediakan fitur live chat dan pengguna bisa melaporkan dari sana.
  • Tetap Tenang dan Fokus pada Level – Kebanyakan cheater adalah level rendah dan tidak sampai level tinggi juga akan ketahuan oleh para GM. Jadi pengguna tetap tenang saja karena suatu saat ketika level sudah tinggi, tak akan pernah bertemu lagi yang namanya cheater.

Kesimpulannya adalah tetaplah tenang untuk menjadi pemain normal, mereka para cheater akan segera dihantam oleh GM. Tak perlu memaki para GM karena bahwasanya mereka terus memantau dan setiap game pun pasti juga memiliki celah yang tak bisa diatasi dengan sekali lihat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment