≡ Menu

Cara Mengecek Open Port pada IP dengan Mudah

Bagi pengguna yang sering mengatur firewall pada VPS, mungkin tidak akan kebingungan terhadap arti dari Open Port atau diartikan Port yang terbuka ini. Karena hanya dengan mengecek port itu saja yang dapat menyimpulkan bahwa port sudah benar-benar terbuka.

Biasanya ada layanan VPS yang memblokir suatu port dengan alasan tertent, misalnya masa gratis atau trial untuk beberapa hari sehingga pengguna tak menggunakannya untuk melakukan hal yang aneh-aneh.

Walau itu bisa diakali dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengedit iptables secara manual dan pemblokiran itu pun sudah bisa lepas. Tapi sebaiknya pengguna tak melakukan hal itu dikarenakan bermaksud merugikan orang lain.

Baca juga: Cara Mengetes Tombol Keyboard PC Secara Online

Dan yang dibahas kali ini hanyalah berupa mengecek open port, apakah port itu bisa dibuka dengan baik oleh jaringan pengguna atau tidak. Jadi katakanlah ini adalah hal sejenis debugging.

Dapat juga digunakan untuk router apabila itu memungkinkan, tapi kebanyakan orang lebih sering menggunakannya untuk mengetes apakah suatu port terbuka pada jaringan yang dipakai saat ini. Kalau Saya sendiri lebih sering mengetesnya ketika selesai mengedit iptables untuk melakukan forwarding port, sehingga nantinya bisa diketahui berhasil tidaknya. Baiklah berikut ini caranya.

  1. Siapkan terlebih dahulu IP yang akan dites. Bisa IP lokal atau IP VPS pengguna. Selanjutnya masuk ke situs You Get Signal.
  2. Perhatikan pada kolom Remote Address isikan dengan IP yang disiapkan tadi. Lalu kolom disampingnya isikan port yang akan dites terbuka tidaknya. Lanjutkan dengan menekan tombol Submit.

    Cara Mengecek Open Port pada IP dengan Mudah

  3. Kemudian akan muncul notif dibawah kolom, bahwa IP dengan port tersebut terbuka atau tidak. Jika terbuka akan muncul seperti ini.

    Cara Mengecek Open Port pada IP dengan Mudah

  4. Sedangkan jika port tidak terbuka akan muncul notif seperti ini.

    Cara Mengecek Open Port pada IP dengan Mudah

Menurut Saya ini adalah cara yang praktis sekali dibandingkan memakai program, karena yang pengguna butuhkan hanyalah sekedar peramban saja. Sedangkan jika memakai program lain justru membebani saja jika hanya sekedar ingin mengetes port saja.

Selain situs diatas, juga ada beberapa lagi website yang menyerupainya, tapi hanya You Get Signal yang paling terbaik bagi Saya karena situsnya mudah digunakan dan tidak berat. Sehingga meski dalam kondisi koneksi lambat pun juga masih bisa mengecek port terbuka tidaknya.

Baca juga: Cara Menggunakan Softether VPN di PC dengan Mudah

Bukannya Saya menjelaskan yang tidak-tidak, tapi di suatu negara di ISP tertentu memiliki celah pada koneksi internetnya yang mana akan gratis digunakan pada port tertentu. Dari port tersebut maka orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan sebagai forwarding dengan VPN. Dan dari VPN itu mereka dapat menikmati gratis internet.

Apapun itu, gunakan cara diatas dengan bijak tanpa perlu merugikan orang lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment