≡ Menu

Cara Mencegah Komentar SPAM pada Blog

Mendapatkan komentar pada sebuah artikel adalah hal yang diperlukan guna untuk melengkapi isi artikel tersebut berdasarkan pertanyaan yang dilontarkan pengunjung. Sehingga pengunjung lain yang ingin menanyakan hal yang sama tidak perlu berkomentar lagi karena sudah dijawab sebelumnya. Yang membuat para blogger sedikit jengkel adalah adanya komentar menganggu dan tidak memiliki unsur yang baik atau bisa dibilang spam.

Komentar spam adalah jenis perkataan yang tidak masuk akal terhadap artikel yang ada. Jadi mereka melakukan hal tersebut dengan banyak niat, baik itu berniat melakukan promosi atau justru mecari backlink.

Jika pun mencari backlink, biasanya para blogger pasti melakukan blogwalking dengan sempurna atau dengan maksud komentar yang dituliskan masih masuk akal dengan artikel dan tak hanya sekedar mengatakan “terima kasih dan sangat bermanfaat“.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Website

Ada beberapa cara yang akan Saya bagikan untuk mencegah komentar spam dan ini bisa diterapkan pada blog yang pengguna miliki saat ini. Tapi sebelum melanjutkannya, mungkin pengguna ingin bertanya seberapa burukkah komentar spam ini terhadap blog? Tentu itu sangat buruk dan jika tak ada unsur positif terhadap artikel juga akan mempengaruhi SERP sehingga artikel tak bisa lagi berada di halaman pertama pencarian.

Sebenarnya masih ada banyak lagi faktor buruk yang terjadi, tapi sebaiknya mulai sekarang pengguna harus mencegahnya.

Cara Mencegah Komentar SPAM pada Blog

Mengaktifkan Moderasi Setiap Komentar

Cara ini sangat berguna sekali dalam membatasi setiap komentar yang hadir di setiap artikel. Hanya saja pengguna harus rajin mengecek komentar yang ada di blog supaya tidak terlewat. Memang cara ini memang kurang bermutu apabila banyaknya komentar spam yang hadir secara tiba-tiba. Tapi cara ini dapat dilakukan pada seluruh platform blog contohnya WordPress, Blogger, Weebly, dan lain-lain.

Memakai Plugin Anti Spam Khusus WordPress

Bagi pemilik website yang memakai mesin WordPress, sebaiknya mulai sekarang memasang plugin anti spam seperti penambah captcha pada segala kolom. Dengan begitu akan memperkecil datangnya komentar spam dari sebuah robot.

Tapi supaya lebih akurat lagi, pasang juga plugin Akismet karena plugin ini adalah anti spam terbaik yang pernah ada karena dapat mendeteksi langsung datangnya komentar tersebut.

Menggunakan Platform Komentar External

Hal ini memang terbilang kurang bagus karena komentar nantinya tak ter-index di mesin pencari, akan tetapi terdapat sisi positifnya untuk menghabisi setiap komentar spam dengan mudah. Contohnya adalah memakai Disqus atau Facebook.

Sampai saat ini kemungkinan kecil sekali komentar spam yang hadir dari platform komentar external dan tak bisa dilakukan oleh sebuah robot.

Hanya Member yang Dapat Berkomentar

Melakukan diskusi jauh lebih nyaman apabila pengguna mengetahui setiap member yang terdaftar pada situs. Dengan begitu para robot harus mendaftar terlebih dahulu apabila ingin berkomentar.

Akan tetapi itu tidak mungkin terjadi apabila pada halaman pendaftaran juga terdapat anti spam. Cara ini terbilang bagus untuk diterapkan dan pemilik blog pun juga akan mendapatkan banyak peminat.

Jangan Melakukan BlogWalking Secara Tidak Sehat

Jadi pada dasarnya terdapat aturan tersendiri dalam melakukan blogwalking. Seperti yang Saya katakan pada paragraf diatas tadi bahwa melakukan blogwalking tak hanya mengucap kata terima kasih dan meminta pemilik blog mengunjungi dan berkomentar balik.

Tapi pengguna sendiri harus berkomentar yang relevan pada artikel pemilik blog itu, sehingga nantinya pengguna juga akan mendapatkan komentar balik yang positif dan tak berunsur spam.

Jangan Mengaktifkan Trackback

Walau trackback boleh dibilang masih dibutuhkan, akan tetapi selalu terdapat sisi negatif ketika mengaktikan itu. Dan memasang plugin WordPress seperti CommentLuv juga tak disarankan sekali karena berpotensi spam diakibatkan setiap komentar terdapat link yang aktif.

Kesimpulan

Hanya itu saja yang bisa Saya bagikan mengenai mencegah komentar spam pada blog. Karena sekarang banyak sekali program yang dapat melakukan komentar otomatis yang katanya dipakai untuk SEO, akan tetapi hal tersebut justru menganggu blog lain. Maka dari itu yang bisa dilakukan pemilik blog hanya perlu mencegah saja supaya reputasi di mata mesin pencari tetap menjadi yang terbaik.

Baca juga: Optimisasi Proses PING pada Blog dengan Plugin Ini

Saat ini Google juga memiliki sistem captcha yang pintar dan para pemilik blog seharusnya wajib memasang itu. Jika pada WordPress ada banyak sekali plugin anti spam yang tersedia.

Tapi Saya menyarankan untuk menggunakan 2 plugin saja. Yakni plugin penampil captcha dan plugin bernama Akismet. Tidak perlu lebih dari itu sebab hanya akan memberatkan server saja. Apakah pengguna memiliki pertanyaan mengenai artikel diatas? Jangan sungkan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment