≡ Menu

Tutorial Menggunakan Socks5 Proxy dengan PHP dan cURL

Tutorial Menggunakan Socks5 Proxy dengan PHP dan cURL

Socks proxy saat ini dibagi menjadi dua, yaitu socks4 dan socks5 dan Saya rasa perbedaannya pun tipis. Tapi jika dibandingkan dengan HTTP proxy, tentu banyak sekali perbedaan yang ada dan Saya lebih memilih HTTP proxy.

Banyak website yang membagikan gratis socks5 proxy dan banyak pula orang yang menginginkan hal tersebut untuk digunakan melakukan testing atau mengganti IP miliknya. Secara keseluruhan, kegunaannya hampir sama seperti HTTP proxy.

Apakah bisa menggunakan Socks5 proxy pada website untuk dijadikan semacam webproxy? Tentu saja bisa dan ini sama halnya seperti mengaplikasikan HTTP proxy dan hanya mengubah sesuatu sedikit.

Yang diperlukan hanyalah server website yang mendukung PHP dan cURL dan tidak lupa adalah Socks5 proxy. Ada pula orang yang mengatakan bahwa memakai Socks 5 proxy lebih cepat dibanding HTTP proxy, tapi Saya rasa keduanya cepat tergantung dari proxy yang dipakai.

Baca juga: Cara Sederhana Menggunakan Wget Di PHP

Tidak semua Socks5 proxy yang ditemukan pada mesin mencari sepenuhnya berfungsi, bahkan adapula yang menjualnya untuk keperluan, baik itu untuk membuka website yang khusus digunakan di suatu negara tertentu.

Jika menggunakan itu sebagai webproxy tentulah pengguna setidaknya harus memiliki Socks5 proxy sendiri supaya bisa tahan lama. Coba perhatikan kode PHP dibawah ini.

<?php
$url = "http://localhost"
$proxy = "127.0.0.1:3128";
$ch = curl_init();
curl_setopt($ch, CURLOPT_URL,$url);
curl_setopt($ch, CURLOPT_PROXY, $proxy);
curl_setopt($ch, CURLOPT_PROXYTYPE, CURLPROXY_SOCKS5);
curl_setopt($ch, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 0);
$output = curl_exec($ch);
curl_close($ch);
echo $output;
?>

Diatas adalah panggilan sederhana yang bisa dipakai untuk menggabungkan Socks5 proxy dengan cURL. Yang perlu diubah hanya pada bagian string URL dan proxy saja. Jika proxy yang digunakan memerlukan autentikasi, maka perlu merubah sedikit pada bagian proxy menjadi seperti ini

$proxy = "user:pass@127.0.0.1:3128";

Pada bagian user silahkan ganti dengan username proxy, begitu pula pada pass silahkan ubah menjadi kata sandi proxy. Jika memang proxy hidup, maka halaman akan terbuka dengan cepat, ini bisa lambat tergantung dari proxy tersebut karena tidak semua proxy bisa cepat.

Apabila masih tidak bisa terbuka, mungkin bisa menggunakan cara lain, yaitu mengganti pada string proxy seperti dibawah ini. Dan menghapus pada satu baris komponen cURL di bagian CURLOPT_PROXYTYPE.

$proxy = "socks5://user:pass@127.0.0.1:3128";

Dengan kode diatas, cURL akan langsung mengenali jenis proxy tersebut dan menghubungkannya. Hampir sama menyerupai dengan menggabungkan HTTP proxy pada cURL, perbedaannya mungkin Socks5 ini tidak bisa digunakan sebagai koneksi aman dan tentunya lebih unggul HTTP Proxy.

Baca juga: Cara Sederhana Menonaktifkan Safemode di PHP

Setiap orang berbeda-beda, ada yang lebih suka memakai Socks5 atau HTTP, manapun itu yang terpenting bisa membuat IP berubah. Untuk mengecek Socks5 proxy masih hidup atau tidak, silahkan masuk halaman Socks Proxy Checker. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment