≡ Menu

4 Cara Mengatasi MiFi Tidak ada Sinyal

MiFi adalah perangkat Mobile Hotspot yang memiliki fitur untuk mendapatkan signal yang cukup baik, bahkan jangkauan jaringan yang terdapat pada kebanyakan MiFi jauh lebih baik ketimbang ponsel. Hingga sekarang ini muncul di Indonesia karena banyaknya kartu SIM yang telah mendukung jaringan 4G cukup luas salah satunya adalah Smartfren.

Ada banyak sekali jenis MiFi dan tentu memiliki harga yang berbeda-beda, tapi kualitas tetap ada pada spesifikasinya.

Satu masalah yang akan dijumpai bagi pemakai MiFi adalah signal yang tiba-tiba tidak ada, padahal jika kartu diganti pada ponsel masih tetap ada. Jika hal tersebut terjadi, bisa dikarenakan bukan dari masalah kartunya, namun dari MiFi yang dipakai.

Baca juga: Atasi sinyal hilang secara tiba-tiba di ponsel

Bukan berarti rusak, hanya sedikit memiliki masalah didalamnya yang menyebabkan ini terjadi dan biasanya hanya melakukan reset dari pengaturan saja sudah bisa pulih.

Untuk melakukan reset pada MiFi ini bisa dengan menekan tombol Restore Default atau semacamnya yang mana setiap MiFi pasti memiliki menu yang berbeda-beda untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Selain itu pun juga ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan signal MiFi ini dan tentu cara yang akan dibagikan ini tak memiliki reesiko apapun. Langsung saja ini caranya.

  1. Mencari Jaringan Secara Manual – Cara yang paling mudah dulu Saya jabarkan karena siapa tahu ini sudah dapat mengatasi masalah tersebut. Jadi dengan mencari jaringan secara manual ini pengguna dapat memilih jaringan mana yang akan dipakai, misalnya koneksi 3G atau 4G jikapun ada.

    Mengaasi MiFi Tak Ada Signal

  2. Reset Melalui Pengaturan – Dengan melakukan reset ini, semua data yang tersimpan sebelumnya akan diganti seperti semula. Dengan begitu SSID, kata sandi, dan lain-lain akan berganti seperti perangkat MiFi yang baru. Ini adalah cara ampuh namun masih ada yang lebih ampuh, yaitu cara ketiga.

    Mengaasi MiFi Tak Ada Signal

  3. Reset Melalui Tombol – Jika melakukan reset melalui pengaturan masih tak dapat mengatasi permasalahan, itu mungkin karena dengan me-reset melalui pengaturan hanya mengemabalikan data saja, sedangkan jika mereset melalui tombol ini bisa mengembalikan segalanya seperti baru. Biasanya tombol tersebut ada di bagian belakang casing.

    Mengaasi MiFi Tak Ada Signal

  4. Mencoba Kartu di HP Lain – Cobalah mencopot kartu di MiFi dan memasangnya di ponsel lain, kira-kira terdapat signal atau tidak sama sekali? Jika terdapat signal berarti kesalahan ini sudah ada dibagian hardware MiFi. Sedangkan jika tidak ada signal, kemungkinan kartu SIM yang dipakai telah expired.

    Mengaasi MiFi Tak Ada Signal

Ada sekiranya 4 cara diatas yang Saya jamin berhasil apabila masalahnya tak terlalu parah. Tetapi apabila ke-empat cara itu tidak berhasil juga, satu-satunya cara mengatasinya hanyalah memakai garansi jika pun ada, atau ke tukang servis.

Baca juga: Trik perkuat sinyal 3G pada Android

Jika pun masalahnya sangat fatal dan MiFi masih bisa dihidupkan, masih ada kemungkinan MiFi tersebut bisa selamat apabila dibawa ke tukang servis karena yang perlu dibetulkan adalah bagian antena.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment