≡ Menu

Cara Mengatasi Pesan BBM Pending (Jam Merah)

Cara Mengatasi Pesan BBM Pending (Jam Merah)

BBM adalah aplikasi telekomunikasi online yang menyerupai SMS hanya saja terbilang gratis. Sekarang ini BBM tidak hanya digunakan untuk melakukan perpesanan saja, tapi juga digunakan sebagai mengecek jaringan apakah lambat atau tidak. Misalnya jika lambat maka akan muncul “menghubungkan“, dan sedangkan koneksi stabil akan muncul “terhubung” pada panel notifikasi.

Indonesia adalah pengguna yang paling banyak dalam menggunakan BBM setiap hari. Walau memang terbilang tak sesederhana aplikasi chatting lainnya, tapi BBM juga sering melakukan pembaruan pada Play Store guna untuk mendapatkan fitur yang baru atau perbaikan.

Hal ganjil yang terjadi ada pada BBM adalah pesan tidak masuk atau bisa dibilang pending terus-menerus. Pending ini bukan berarti centang, karena centang bersifat terkirim hanya saja belum diterima di perangkat tujuan.

Yang dimaksudkan pending ini adalah icon yang berbentuk jam merah atau berbentuk signal abu-abu. Tentulah ini menjengkelkan apabila selalu tampil seperti ini ketika mengirimkan pesan, apalagi sudah mengetik banyak sekali kata dan mendapati masalah ini.

Mungkin pengguna mengira bahwa ini masalah konektivitas, tapi ketika mencoba menghubungkan jaringan sekali lagi dalam kondisi stabil, pesan tetap tidak terkirim dan terus pending.

Dengan masalah seperti ini bisa dijadikan sebuah pengalaman dan mungkin tidak banyak orang yang mengalaminya. Ada beberapa solusi yang akan Saya bagikan kali ini dan pasti akan berhasil. Jika pengguna pernah mendengar kata malfungsi, bisa jadi permasalahannya adalah dari malfungsi atau glitch aplikasi BBM yang menyebabkan pesan menjadi pending untuk selamanya. Berikut ini beberapa solusi mengatasinya.

  1. Restart BBM – Cara yang pertama adalah melakukan restart BBM. Tapi bagaimana caranya? Sangat mudah sekali, silahkan masuk pada pengaturan aplikasi dan masuk pada BBM. Tekan tombol Paksa Berhenti. Selanjutnya cukup memulai lagi BBM dan lihat pesan yang pending akan segera menjadi centang dan terkirim.
  2. Diagnostik Jaringan – Di Android memang tidak ada fitur untuk melakukan diagnostik jaringan, tapi pengguna bisa mengetes secara manual dengan cara masuk ke peramban dan menuju situs web bbm.com. Jika tidak bisa membuka halaman tersebut, berarti terdapat masalah dengan konektivitas yang dipakai yang sepertinya tak mengijinkan mengakses BBM.
  3. Mengirim ke Kontak Lain – Jika kedua cara diatas sekiranya tak membantu, cobalah dengan mengirimkan ke kontak lain, apakah tetap sama? atau bisa terkirim?
  4. Mengirim Ulang Pesan – Di BBM diberikan fitur untuk menyalin teks yang diketik sebelumnya dengan menekan lebih lama pada bagian konversasi yang ingin disalin. Selanjutnya cobalah mengulangi mengirim ulang.
  5. Menghapus Data Aplikasi BBM – Cara ini sangat aman dan TIDAK AKAN menghapus akun BBM yang dimiliki. Jadi cobalah menghapus data pada pengaturan aplikasi BBM. Hal ini akan membuat pengguna harus masuk/login ulang ke BBM.
  6. Memperbarui Versi BBM – Masih tidak bisa diatasi dengan cara diatas? Cobalah untuk mengecek pembaruan BBM pada Play Store dan jika memang terdapat pembaruan segeralah perbarui. Jika tidak ada pembaruan, bisa jadi pengguna saat ini memakai BBM versi mod.

Cara yang kedua mungkint terlihat tidak masuk akal dipikiran pengguna, tapi percayalah ini memang nyata dan bisa jadi pengguna saat ini sedang mendaftar di paket khusus. Contohnya kondisi SIM berada dalam paketan social network dan mencoba pada aplikasi BBM, tentulah itu tidak akan bisa karena BBM bukanlah jejaring sosial dan lebih mengarah ke paket chat.

Dan cara yang terakhir ini sangat penting, karena pengguna yang menggunakan BBM versi mod tak akan bisa menerima pembaruan dari Play Store.

Dari keseluruhan cara diatas, Saya paling menyarankan pada bagian pertama karena sangat efektif apabila koneksi memang benar-benar stabil dan pesan terus saja pending. Jangan pernah menyalahkan ponsel ketika pesan terus pending, cobalah cara diatas dan Saya jamin ini berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cara atasi DP BBM teman tidak berganti

Contoh yang bisa menyebabkan pending terus menerus adalah ketika koneksi tidak stabil dan mengirim pesan, lalu pengguna tidak lagi membuka BBM dan baru membuka satu hari kemudian, tentu pesan tersebut akan menjadi kadaluarsa dan harus dikirim ulang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment