≡ Menu

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim

Pesan pending pada WhatsApp ditandai dengan ikon jam berwarna abu-abu. Secara normal, hal tersebut disebabkan karena jaringan pada ponsel yang tidak stabil atau dari sisi server WhatsApp yang sedang bermasalah.

Begitupula dengan pesan yang gagal dikirim, penyebabnya masih sama. Namun perbedaanya adalah dari ikon jam yang berwarna merah. Dan selama ISP yang digunakan tidak memblokir WhatsApp, seharusnya pesan dapat terkirim dengan baik tanpa ada kendala.

Tapi ada beberapa hal yang membuat pesan itu menjadi pending/gagal meski ponsel dalam keadan terhubung ke internet. Dan pada artikel ini akan dijelaskan beberapa langkah upaya yang bisa kamu terapkan untuk membuatnya normal kembali.

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim

Solusi Pesan WhatsApp Pending atau Gagal Terkirim

1. Restart Koneksi Internet

Jika kamu sedang menggunakan jaringan WiFi, silakan restart koneksinya melalui modem/router. Jika bingung bagaimana caranya, silakan hubungi layanan ISP yang digunakan, mereka akan memandu tata cara me-restart modemnya.

Sementara itu jika kamu menggunakan jaringan seluler (DATA), silakan aktifkan mode pesawat selama 1 menit dan kemudian nonaktifkan. Cara ini berfungsi untuk me-refresh signal/jaringan pada ponselnya, dan pada beberapa kasus juga dapat menyetabilkan koneksi internet.

2. Cek Ketersediaan Koneksi Internet pada WhatsApp

Meski koneksi internet telah diaktifkan pada ponselnya, kadang kita tidak menyadari apakah itu tersedia untuk digunakan menjelajahi internet. Tapi kamu bisa mengeceknya dengan cara mengunjungi situs web Google, WhatsApp, atau sejenisnya.

Apabila sekiranya tidak bisa mengakses ke segala situs web, berarti terdapat masalah pada koneksi internet yang kamu pakai yang membuat pesan di WhatsApp menjadi pending atau bahkan gagal.

Cobalah untuk mengecek kuota internet yang dimiliki, siapa tahu jika itu sudah habis atau kadaluarsa sehingga tak bisa digunakan lagi. Dan jika kuota internet masih ada, berarti kendalanya ada pada pengaturan APN.

Sedangkan untuk mengatur APN, silakan tanyakan pada operator kartu SIM sesuai yang kamu gunakan. Pastinya mereka akan memandu tentang tata cara menyetelnya dengan benar.

Baca juga: Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Terkirim

3. Cek Pembaruan Aplikasi WhatsApp

Silakan cek pada Play Store atau Apps Store untuk memastikan aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan merupakan versi terbaru. Jika ternyata terdapat pembaruan, silakan untuk segera diperbarui.

Dengan memperbarui aplikasinya, segala data perpesanan atau kontak yang ada didalam aplikasi akan tetap aman. Justru dengan rutin dalam memperbaruinya akan terhindar dari masalah sejenis ini.

Hindari untuk menggunakan aplikasi WhatsApp Mod yang marak tersebar di Google, karena nantinya ponsel takkan bisa menerima pembaruan dari official WhatsApp.

4. Kemungkinan Kesalahan dari Server WhatsApp

Sudah beberapa kali server WhatsApp mengalami masalah yang mengakibatkan suatu pesan tidak terkirim sempurna. Walau itu jarang terjadi, tapi kamu bisa memastikannya dengan bertanya ke teman disekitar. Karena kendala ini akan mempengaruhi ke seluruh pengguna, alias bukan hanya kamu saja.

Tak ada yang bisa kamu lakukan kecuali menunggu sampai server WhatsApp pulih kembali. Biasanya ini tidaklah lama dan maksimal hanya 1 hari saja dan kemudian segalanya akan kembali normal.


Secara normal, pesan yang tidak terkirim atau mengalami pending disebabkan akibat koneksi internet yang tidak tersedia atau tidak stabil. Tapi di lain sisi itu juga bisa disebabkan dari server WhatsApp itu sendiri yang sedang bermalasah sementara.

Terapkan solusi diatas mulai dari yang pertama supaya efektif. Dan Saya dapat memastikan pesan yang tidak terkirim atau pending tadi akan segera terkirim. Jika pun kamu memiliki pertanyaan mengenai beberapa solusi diatas, silakan berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment