≡ Menu

Cara Baru Memasang Facebook Like Box pada Website

Terdapat perbedaan antara like button dan like box yang disediakan oleh Facebook untuk website. Jika memasang tombol like, sudah pernah Saya bahas sebelumnya dan kali ini berganti ke like box yang memiliki fungsional yang lebih baik menurut Saya karena dapat menampilkan postingan dari fanspage sehingga semua pengunjung website akan tahu jika fanspage tersebut aktif atau memiliki kiriman semacam informasi untuk website tersebut.

Jika like button lebih memperlihatkan betapa minimalisnya untuk dipandang, sedangkan like box ini memperlihatkan tampilan bagian atas fanspage termasuk cover juga. Jadi akan lebih bagus lagi diatur supaya terlihat cocok untuk website, seperti warna dan lain-lain dari sisi cover dan foto profil. Dan juga sama-sama bisa diatur sendiri, contohnya ingin menampilkan postingan atau tidak, membuat tulisan judul lebih kecil supaya tak terlalu besar, dan lain-lain.

Walau banyak plugin untuk WordPress yang bisa ditemui, namun akan lebih baik menambah widget likebox ini secara manual supaya tak memberatkan server. Apabila pengguna masih tak tahu seperti apa likebox ini? Silahkan lihat pada website ini dibagian atas. Yang pasti kegunaannya sama saja, yakni menaruh tombol sukai halaman supaya orang dapat menjangkau fanspage Facebook lebih mudah tanpa harus mencari-cari lagi. Untuk memasangnya, ikuti cara dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan masuk pada akun Facebook dan pastikan sudah pernah membuat aplikasi di Facebook karena nantinya ini dibutuhkan appIDnya, jika sudah membuatnya, selanjutnya langsung saja menuju Halaman Facebook Page Plugin.
  2. Skroll kebawah dan temukan pada bagian pengisian kolom. Isi seperti iniURL Halaman Facebook: Silahkan isi dengan URL fanspage saat ini.
    Tab: adalah digunakan untuk menampilkan konten dibawah tombol sukai, jika ingin menampilkan postingan, cukup ketik timeline atau jika ingin menampilkan kolom pengiriman pesan, cukup ketik messages, jika tidak ingin menampilkan apapun sebaiknya kosongkan saja.
    Lebar & Tinggi: Atur sesuai yang diinginkan dan sekiranya pas dipasang pada websitenya. Saya menyarankan tidak menuliskan ini apabila pengguna ingin menampilkannya di sidebar website.
    Sesuaikan dengan lebar wadah plugin: Centang pada fitur ini supaya tampilan widget tampil responsive untuk segala tempat, jadi pengguna tak perlu mengatur lebar dan tinggi.
    Tampilkan Wajah Teman: Gunakan fitur ini jika pengguna ingin menampilkan wajah teman yang menyukai halaman dibawah tombol sukai halaman.

    Cara Memasang Facebook Like Box pada Website

  3. Apabila sudah menuliskan seperti diatas, secara otomatis akan tampil contoh penampakan hasil jadi widget yang akan dibuat. Dan untuk mendapatkan kode, klik tombol Dapatkan Kode.
  4. Sekarang akan disuguhkan 2 kode, jadi kode pertama dipasang pada bagian sebelum tag head, dan kode kedua berguna untuk menampilkan likebox tadi, jadi taruh ditempat dimana pengguna ingin menampilkan likebox tersebut.

    Cara Memasang Facebook Like Box pada Website

Intinya kode yang pertama adalah pengaya supaya tampil lebih cepat supaya dibenamkan sebelum tag head pada website. Tapi walaupun ditaruh secara bersamaan di tempat untuk penempatan likebox juga tak masalah. Sebenarnya ada 2 menu lagi yang tak Saya sebutkan, itu karena tak terlalu bagus jika diaktifkan, seperti menghilangkan foto sampul dan mengecilkan judul fanpage. Sama halnya seperti pembuatan likebutton, dibawahnya terdapat contoh hasilnya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Baca juga cara blokir seseorang di Facebook.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment