Solusi Tidak Bisa Membuka Program Android SDK Manager

Logo Android SDK Manager

Pengguna yang telah masuk pada artikel ini pastilah sudah mengerti apa itu program Android SDK Manager, yang biasanya digunakan untuk memasang SDK Android langsung dari server Google yang pastinya sangat lengkap dan tidak hanya itu saja, namun SDK Manager ini juga memiliki fitur AVD yang memungkinkan pengguna membuat emulator Android pada komputer dan bisa dikustomisasi sesuka hati. Tentunya sangat cocok bagi para pengembang aplikasi.

Masalah yang hadir pada SDK Manager memang ada banyak, namun salah satu yang paling menjengkelkan adalah tak dapat membuka program tersebut dan langsung tertutup. Ini membuat pengguna pasti akan gelisah karena tak bisa memulai program tersebut. Dan ini bisa disebabkan oleh program itu sendiri yang tak dapat mendeteksi program Java yang terinstall pada komputer dan tak mau mencari lagi yang menyebabkan program ini langsung tertutup tanpa memberikan informasi apapun.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengalihkan berkas dalam SDK Manager ini dan membuatnya mendeteksi berkas Java secara manual. Jadi pastikan sebelumnya bahwa pengguna telah memasang Java Development Kit, karena ini akan dibutuhkan supaya dapat membuka program SDK Manager. Tapi apabila sudah memasang JDK dan tak dapat membuka program SDK Manager, berikut ini cara mengatasinya.

  1. Pertama – tama silahkan masuk pada folder dimana pengguna mengextract arsip SDK Manager.
  2. Jika sudah ditemukan, langsung saja masuk pada direktori sdk => tools.
  3. Dibagian sini, silahkan cari berkas bernama android.bat silahkan klik kanan dan edit menggunakan notepad.
  4. Sekarang saatnya untuk mengalihkan sesuatu. Cari kode seperti ini

    set java_exe=
    call lib\find_java.bat
    if not defined java_exe goto :EOF

    Ubah menjadi seperti ini

    set java_exe=C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_07\bin\java.exe
  5. Jangan simpan dulu, tapi pada kode pengganti diatas, alihkan terlebih dahulu diubah menjadi letak direktori JDK pada komputernya. Contohnya seperti ini C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_07\bin\java.exe.
  6. Jika sudah diubah, tekan CTRL+S untuk menyimpan. Dan sekarang cobalah untuk membuka program SDK Manager, pasti sudah dapat terbuka.

Apabila telah melakukan cara diatas tapi SDK Manager tidak saja terbuka dan tetap sama, berarti masalahnya bukan dari program tak mendeteksi Java, mungkin lebih mengarah ke programnya yang tak kompatibel dengan versi komputernya atau lainnya. Tapi walaupun tidak kompatibel, pasti SDK Manager akan menampilkan pesan ketika tak dapat membuka program, sedangkan jika masalahnya seperti diatas tadi, program ini tak menampilkan pemberitahuan apapun dan langsung keluar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *