≡ Menu

Cara Mengatur Waktu Tampilan Layar Redup pada Laptop

Pada PC terdapat pengaturan untuk mengatur banyak hal tentang tampilan layar. Contohnya seperti menambah wallpaper, screensaver, kecerahan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa ditemukan pada bagian Personalize. Tap bagaimana jika mengatur untuk waktu layar redup sehingga pengguna bisa membuatnya lebih lama atau lebih cepat sesuai keinginan. Fitur ini tidak bisa ditemukan pada bagian Personalize, akan tetapi pada bagian yang lainnya pada PC.

Seseorang mengatur layar lebih lama hidup supaya proses pengunduhan tetap berjalan walau ditinggal dalam waktu yang sangat lama. Tapi tidak hanya itu saja kegunaan dari layar yang tetap hidup. Layar yang tiba-tiba mati pada PC ini dikarenakan perangkat telah masuk pada proses idle atau dengan maksud tidak digunakan dalam waktu yang ditetapkan. Dan maksud dari tidak digunakan adalah tidak ada sentuhan keyboard dan mouse.

Untuk mengaturnya lebih cepat atau lama bisa dari pengaturan bernama Power Options. Sesuai judul bahwa disini Saya hanya akan membagikan cara ini untuk laptop saja dan sepertinya bisa digunakan untuk komputer juga, tapi cara ini akan bekerja pada komputer dengan operasi sistem Windows. Baiklah berikut ini tata cara mengatur waktu layar redup pada laptop. Dan disini maksud dari layar redup tidak seperti kecerahan yang berkurang, namun layar yang tidak terlihat apa-apa lagi, namun sistem masih hidup.


  1. Pertama – tama silahkan ketik Power Options pada START Menu dan klik ENTER.

    Cara Mengatur Waktu Layar Redup pada Laptop

  2. Selanjutnya pengguna akan dibawa pada bagian pengaturan konsumusi daya. Jadi cukup klik pada teks Change Plan Settings disamping profil yang digunakan. Disini contohnya Saya sedang mengguankan profil Balanced.

    Cara Mengatur Waktu Layar Redup pada Laptop

  3. Lalu sekarang pengguna dapat mengatur waktu layar redup dengan menambah pada bagian Turn Off the Display. Disana akan ada 2 pilihan antara On Baterry dan Plugged In. Maksud dari On Baterry adalah ketika laptop menggunakan baterai untuk konsumsi daya. Sedangkan untuk Plugged In, adalah saat laptop sedang di charge. Jadi atur sesuai kebutuhan.

    Cara Mengatur Waktu Layar Redup pada Laptop

    KETERANGAN: Contoh dari gambar diatas adalah Saya menggunakan waktu 25 menit untuk proses layar redup ketika laptop menggunakan tenaga baterai. Sedangkan Saya mengatur proses layar redup sebagai 1 jam ketika laptop di charge. Itu karena Saya lebih sering menggunakan latop sambil dicharge dibanding menggunakan tenaga baterai.


Laptop bisa hidup walau tanpa baterai yaitu sambil di charge, akan tetapi itu adalah pilihan yang tidak benar ketika pengguna melepas baterai ketika menggunakan charge karena sewaktu-waktu itu bisa merusak. Layar yang redup akan mengganggu proses pengunduhan dan lain-lain sama halnya seperti ponsel yang mengunduh sesuatu sambil dimatikan layarnya pastilah koneksinya akan berkurang dan tidak secepat biasanya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • bagas June 12, 2017, 10:41 pm

    Gan kalau layar laptop redup otomatis daya yang di konsumsi sama aja seperti kondisi layar nyala apa berkurang gan..?

    • rrobyf June 13, 2017, 5:45 am

      Tergantung windows yang dibuka juga sih gan, karena ketika layar redup windows tidak akan ditutup secara otomatis, tapi beberapa hal akan dimatikan seperti koneksi jaringan dan lain-lain.

Leave a Comment