≡ Menu

Cara Chatting FB, WA, dan TG Lewat Browser Opera

Tak terasa perkembangan Opera sudah sangat pesat pada tahun ini. Padahal sebelumnya sudah menambah layanan VPN gratis untuk semua pengguna Opera, dan sekarang meluncurkan fitur baru yang pasti akan mendatangkan banyak minat oleh orang yang sering membuka Facebook atau sering melakukan chatting di aplikasi WhatsApp dan Telegram. Sekarang tak perlu berganti-ganti tab apabila ingin chatting dengan nyaman, karena Opera akan memudahkannya.

Fitur chatting yang didatangkan oleh Opera meliputi Messenger, WhatsApp, dan Telegram. Semua itu bisa ditemukan pada fitur baru bernama Sidebar. Mungkin beberapa pengguna yang sudah paham betul dengan Opera akan bertanya-tanya, bukankah sidebar yang ada di Opera sudah ada sejak lama? Itu memang benar namun sidebar yang lama tersebut hanya dipakai untuk tambahan extension saja. Sedangkan jika sidebar yang baru ini akan menampilkan semacam jalur pintas ke menu home, bookmark, dan tak terkecuali adalah chatting.

Menggunakan fitur chatting sangatlah mudah, pengguna hanya perlu masuk ke akun sosial tersebut dan sudah dapat memulai chatting dengan teman. Sidebar yang ditampilkan sangatlah elegan dan menurut Saya lebih cocok jika dipasang dengan dark theme supaya serasi. Pada saat pertama kali memperbarui, hanya akan disediakan 2 fitur chatting saja yaitu Facebook dan WhatsApp. Sedangkan jika Telegram harus diaktifkan terlebih dahulu pada pengaturan. Berikut ini Saya berikan petunjuk cara menggunakan fitur chatting ini.

  1. Pertama – tama tentunya harus memperbarui versi peramban Opera terlebih dahulu supaya dapat menikmati fitur ini. Untuk mengunduh versi terbaru langsung ke halaman perbaruan Opera
  2. Lalu buka dan pasti dibagian kiri sudah terdapat beberapa ikon layanan chatting seperti Messenger. Contohnya disini pengguna akan mencoba memakai Messenger, jadi klik ikon tersebut.
  3. Nah setelah diklik akan muncul pemberitahuan disuruh untuk mengaktifkan sidebar ini. Jadi tekan saja tombol Pin to sidebar.

    Cara Chatting Facebook WhatsApp dan Telegram di Browser Opera

  4. Maka tampilan sidebar kali ini akan langsung berbeda dan pengguna bisa menekan lagi ikon chatting dan tunggu hingga proses memuat selesai.

    Cara Chatting Facebook WhatsApp dan Telegram di Browser Opera

  5. Jika proses memuat selesai, pengguna disuruh untuk masuk ke akun terlebih dahulu untuk persetujuan aplikasi.
  6. Apabila sudah, sekarang pengguna sudah siap untuk menggunakan fitur ini.

    Cara Chatting Facebook WhatsApp dan Telegram di Browser Opera

  7. Sementara jika pengguna ingin menggunakan telegram tapi tidak tersedia disana. Silahkan masuk pengaturan dan skroll kebawah. Temukan bagian bernama Sidebar lalu klik tombol Manage sdiebar dan centang pada telegram.

    Cara Chatting Facebook WhatsApp dan Telegram di Browser Opera

Untuk cara chatting dengan Whatsapp, ini akan membutuhkan ponsel yang sudah terpasang aplikasi WhatsApp lalu menggunakan QR Scanner untuk membagikan akunnya ke Opera. Masih kepikiran ingin melakukan video call? Tenang saja karena dengan Opera ini sudah bisa melakukan itu karena untuk pertama kalinya biasanya terdapat perijinan untuk mengaktifkan mikrofon dan kamera. Tapi jika itu tidak disetujui, pastilah tidak akan dapat melakukan video call.

Masih ingin memakai peramban yang lain? Pikirkan dulu Opera yang selalu memberikan pembaruan yang fantastis ini. Tahun ini sudah memberikan hal yang luar biasa, entah tahun yang akan datang mungkin akan lebih baik lagi. Jangan lupa untuk membaca trik jitu mengatasi opera lambat.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment