≡ Menu

Mengecek Kesehatan Website untuk Search Engine

Kumpulan Logo Search Engine

Bagi pemilik website banyak sekali hal yang perlu dilakukan dan dihindari yang menyangkut kestabilan website tersebut dan supaya pengunjung tetap ada. Terkadang ada pula seseorang yang menganggap membuat website hanya untuk sekedar hobi saja, tapi beberapa orang juga menganggap itu sebagai kerja tambahan pada internet untuk mendapatkan hasil dari pengunjung yang mampir pada website. Karena saat ini sangat mudah sekali mendapatkan uang di internet dan yang diperlukan hanyalah kestabilan website dan tentunya pengunjung tetap.

Setiap website kebanyakan mendapatkan pengunjung dari search engine atau mesin pencari sejenis Google, Yahoo, Yandex, dan lain-lain. Mengoptimisasi website sangatlah perlu apabila ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari, dan itupun bisa dilakukan dengan cara otomatis apabila menggunakan CMS seperti WordPress, sedangkan jika memakai cara manual harus berupaya meningkatkan lebih baik lagi.

Beberapa faktor yang menyebabkan website kurang mantap pada search engine adalah sebuah halaman yang mengandung unsur spam dan itu harus diminimalkan. Lalu dari template website tersebut juga sangat berpengaruh besar pada website. Sebab mesin pencari setiap tahunnya lebih pintar untuk menyeleksi jutaan website untuk ditampilkan dan dibuang karena satu alasan, yaitu melanggar ketentuan.

Sesuai judul diatas, website selalu memiliki kesehatan pada search engine yang mana bisa drop kapan saja apabila telah melanggar selalu sering, dan parahnya mesin pencari sejenis Google tidak pernah memberitahukan apabila situs terkena penalty kecuali melanggar ketentuan seperti DMCA. Mengecek kesehatan website tidak hanya bisa dilihat dari luar website saja, akan tetapi juga dari dalam harus dicek supaya suatu search engine tidak menganggapnya sebagai alasan untuk menghapus website itu dari SERP. Berikut ini beberapa cara mengecek kesehatan website untuk search engine.


  1. Mengecek Server Website – Bagian dalam website atau dimaksudkan server ini adalah sebuah jantung website itu sendiri, yang mana ketika mengalami kesalahan 1 jam saja sudah dianggap buruk oleh mesin pencari dan bisa jadi beberapa halaman akan hilang apabila kesalahan sangat fatal. Namun jika server hanya down saja itu tidak akan berpengaruh besar asalkan tidak terlalu sering.
  2. Mengecek Firewall Website Terhadap Search Engine – Sebuah keamanan website memang dibutuhkan untuk menjaga website itu sendiri tetap aman dan terus memperbarui informasi terhadap website dan pengunjung yang ada, tapi selalu perhatikan apakah firewall yang digunakan tersebut cenderung berdampak buruk pada mesin pencari atau tidak. Contohnya saja melakukan blokir User Agent dari mesin pencari yang ada, tentunya website tidak akan bisa terindex lagi dan harus diatasi segera.
  3. Menghapus atau Mengalihkan Halaman 404 – Ini adalah masalah sering dan banyak sekali bertebaran pada mesin pencari sehingga halaman tersebut langsung diidentifikasi oleh mesin pencari sebagai halaman yang mengalami kesalahan dan harus dibenarkan. Jika telah mendapatkan notifikasi dari mesin pencari, sebaknya langsung diatasi dengan menghapus halaman tersebut atau mengalihkan dengan menggunakan HTTP Header 301.
  4. Mengecek Berapa Banyak Halaman yang Terindex – Tidak ada salahnya apabila memiliki sekitar 100rb lebih halaman yang terindex di Google asalkan menampilkan konten yang bermutu dan sangat jelas itu adalah konten dan bukanlah halaman sebuah daftar menu. Jadi kebanyakan website masih menerapkan halaman seperti arsip, paging, tags, yang mana itu sangat tidak diperlukan. Untuk mengatasinya sebaiknya gunakan meta robots noindex dan follow supaya halaman saat itu tidak terindex tapi link yang ada tetap dideteksi dan terindex.
  5. Mengecek SPAM Score – Ini adalah tips terakhir yang pastinya sangat berfungsi untuk melihat apakah dari segi konten, domain, link, dan lain-lain bisa dideteksi dengan bantuan alat otomatis. Jadi silahkan menuju Halaman Open Site Explorer dan tuliskan alamat website pada kolom yang tersedia dan tekan ENTER. Akan terlihat spam score sampa 17 level, dan apabila dibawah 5 itu sudah bagus, sedangkan apabila diatas 5 sebaiknya diperbaiki lagi sesuai kesalahan yang ditampilkan.

Beberapa tips diatas sebaiknya dilakukan suatu saat suapaya website tetap dalam kondisi yang baik dimata search engine dan akan lebih baik lagi konten yang diberikan pada search engine tidak termasuk tags, kategori, apalagi paging, dengan begitu sangat kecil sekali website terkenal penalty. Sebelumnya website yang Saya kelola juga terkena penalty akibat terlalu banyak halaman yang terindex dan kebanyakan tidak penting atau sebuah sampah dimata Google, dari situlah Saya belajar untuk mencegahnya dan hingga saat ini tidak pernah lagi terkenal penalty.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment