≡ Menu

Cara Menghubungkan SSH dengan Putty di Windows

SSH banyak digunakan untuk menyetel pengaturan dan juga digunakan keperluan lainnya seperti menyambung layaknya VPN. Seperti halnya VPS (Virtual Private Server) yang selalu menggunakan SSH untuk mengatur segalanya pada server yang dimilikinya, baik itu memasang suatu program, menghentikan program, ataupun memulai program bisa dilakukan dengan SSH. Hanya saja beberapa pengguna mungkin masih belum mengerti cara untuk menghubungkannya ke SSH.

Jika pengguna saat ini memiliki server sendiri, tentu sangat dibutuhkan akses ke SSH ini untuk masuk pada mode administrator. Ada banyak hal yang bisa dilakukan SSH dengan server sendiri, contohnya memasang dekstop secara manual, memasang LAMP supaya bisa digunakan sebagai website, mengedit sebuah teks, dan masih banyak lagi. Yang jelas, SSH selalu menggunakan port 22 untuk menyambungkannya.

Saya sendiri mengguanakan SSH untuk server yang Saya miliki dan ternyata untuk saat ini ada 2 cara untuk masuk, yang pertama menggunakan username dan password secara normal, dan cara kedua menggunakan username dan file berjenis KEY sebagai alternatif password. Banyak provider VPS yang memberikannya tanpa kata sandi dan hanya mengguankan file KEY tersebut, salah satunya adalah Amazon. Berikut ini cara menghubungkan SSH di Windows dengan mudah.


  1. Pertama – tama silahkan unduh program PuTTY dan pasang seluruh paket programnya.
  2. Jika sudah, silahkan buka PuTTY, pada bagian Host Name (IP Address) silahkan isikan dengan IP atau Host server yang dimiliki. Dan dibawahnya pilih sebagai SSH dengan port 22.

    Cara Menghubungkan SSH pada Windows

  3. Selanjutnya cukup klik Open dan tunggu hingga terhubung dengan server dan pengguna akan ditanyai tentang username dan password.

    Cara Menghubungkan SSH pada Windows

  4. Jika pengguna merasa tidak memiliki password, setidaknya pengguna memiliki file KEY untuk autentikasi, disini PuTTY tidak mendukungnya kecuali pengguna mengkonversi terlebih dahulu, yakni menggunakan program PuTTYGen yang satu paket pada program PuTTY ini. Cukup klik Load, lalu pilih file KEY atau PEM yang dimiliki, dan kemudian cukup tekan tombol Save private Key untuk menyimpanya sebagai format PPK.

    Cara Menghubungkan SSH pada Windows

  5. Setelah mengkonversi file KEY tadi menjadi format PPK, sekarang lakukan cara kedua diatas yaitu mengisikan IP atau Host server yang dimiliki, tapi jangan klik Open, namun perhatikan pada bagian menu disamping bertuliskan SSH, silahkan klik 2 kali dan muncul submenu lagi dan pilih Auth.

    Cara Menghubungkan SSH pada Windows

  6. Perhatikan pada bagian Private key file for autentication, silahkan klik tombol Browse yang ada dibawahnya dan pilih file PPK tadi, dan setelah itu klik Open. Selesai.

    Cara Menghubungkan SSH pada Windows


Apabila pengguna tidak memiliki program PuTTYGen, silahkan unduh terlebih dahulu pada halaman download PuTTYGen. Intinya PuTTY tidak bisa menggunakan file dengan format KEY ataupun PEM dan harus memakai format dari PuTTY sendiri yakni PPK. Ketika pengguna telah masuk dan ditanyai tentang kata sandi, maka kata sandi yang dituliskan tidak akan tampak, tapi sebenarnya itu sudah dituliskan dan pengguna cukup meneruskan saja menulis kata sandi seperti biasanya dan ENTER. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment