≡ Menu

3 Tips Memilih SD Card untuk Android

Tips Memilih SD Card untuk Android

Kartu memori yang ada di ponsel Android bisa digunakan untuk menyimpan suatu berkas dan berbagai aplikasi serta memiliki ukuran yang berbeda-beda walau ukurannya yang sama. Orang menyebutnya SD Card dan sebagian pengguna Android baru pasti akan membeli juga kartu memori untuk penyimpanan pada berkas yang dimiliki dan dengan begitu ponsel tidak akan terbatas kapasitasnya hanya pada memori telepon saja.

Selain SD Card sebagai penyeimbang ponsel supaya bisa memberikan kapasitas yang lebih tinggi, banyak hal lain yang dapat dilakukan SD Card lebih dari yang dipikirkan, jadi dengan bantuan SD Card yang ada di Android ini sebenarnya bisa digunakan juga sebagai memori telepon, akan tetapi pengguna harus melakukan tahap partisi. Lantas SD Card yang digunakan juga tidak boleh sembarang memori, namun yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Memilih kualitas yang terbaik dari SD Card biasanya dilihat hanya dari merk saja, tapi sebenarnya yang paling menentukan adalah class yang tercantum dan bukanlah sebuah merk ataupun ukuran kapasitas yang tinggi. Jadi sebaiknya pengguna jangan terlalu tergiur dengan harga kartu memori yang dijual sangat murah dan apalagi jika itu tidak ber-merk, pasti hal buruk akan terjadi dengan cepat.

Disini akan Saya bagikan beberapa tips untuk memilih sebuah SD Card yang tepat untuk ponsel Android, biasanya hal ini dicari bagi pengguna yang baru-baru ini membeli ponsel baru dan merencanakan untuk melengkapi dalaman ponsel tersebut supaya lebih mantap. Hanya ada beberapa tips saja, walaupun begitu SD Card yang akan dimiliki nantinya tidak akan cepat rusak selama digunakan dengan wajar.

  1. Memastikan SD Card Memiliki Merk – Tidak banyak orang membeli SD Card yang tidak memiliki merk dan biasanya jenis SD Card yang tak ber-merk memiliki harga yang tidak masuk akal, biasanya 10rb untuk 8Gb dan berlipat, sebaiknya itu dihindari supaya uang yang dikeluarkan tidak sia-sia karena membeli SD Card yang digunakan untuk jangka waktu dekat atau gampangannya cepat rusak.
  2. Memilih Class Lebih Tinggi, Lebih baik – Seperti yang Saya katakan diatas bahwa class ini sangat berpengaruh besar bagi SD Card, yang mana membuat proses pengiriman berkas lebih cepat. Jadi Saya menyarankan untuk memilih SD Card dengan class minimal 6, akan lebih bagus lagi apabila memilih class 10. Semakin tinggi class maka semakin tinggi pula harganya, jadi sesuaikan dengan budget yang disiapkan.
  3. Jangan Melihat Dari Sisi Kapasitas – Sebaiknya belilah kartu memori yang cukup dengan kebutuhan, jika hanya untuk menyimpan foto dan musik saja, 8Gb sudah cukup. Namun apabila digunakan untuk menyimpan berkas ukuran besar seperti game HD, sebaiknya pilih yang lebih tinggi. Tapi sekali lagi, silahkan lihat kedua tips diatas, sebab banyak sekali SD Card kapasitas misalnya 32Gb namun tidak memiliki merk, garansi, serta hanya menggunakan class rendah.

Walaupun hanya 3 tips saja, apabila semua itu sudah dilakukan, Saya jamin kartu memori bisa digunakan jangka panjang dan tidak akan cepat rusak. Saya sendiri menggunakan kartu memori 8Gb class 10 sudah sekitar 2 tahun masih awet hingga sekarang karena menggunakan sewajarnya atau dengan maksud tidak digunakan untuk partisi atau membat swap file untuk menambah RAM. Perlu diketahui juga jika pengguna ingin menggunakan kartu memori tersebut untuk melakukan swap RAM sebaiknya memilih class 10 karena cenderung lebih kuat dibanding class 6 yang terdapat rumor akan cepat rusak apabila digunakan untuk swap RAM.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment