≡ Menu

Inilah Alternatif UDisk yang Ditutup Oleh UC

UC Browser Animation

Adanya fitur UDisk yang ada di UC Browser membuat banyak orang terbantu dengan aktivitas download sehari-hari, dimana dengan bantuan UDisk inilah setiap pengguna UC bisa mengunduh file tersebut dengan kecepatan tinggi atau dengan maksud tidak ada batasan kecepatan layaknya file hosting. Tapi telah diberitahukan pada beberapa bulan sebelum UDisk ini akan dihentikan bahwa fitur ini telah diberikan peringatan oleh pemerintah dan diharuskan untuk ditutup pada september 2016. Saat itulah banyak sekali pengguna UC Browser yang mencari alternatif dari UDisk.

Ada satu browser yang memiliki kinerja yang sama, hanya saja terdapat batasan dalam melakukan itu, bukan dalam batasan kecepatan, akan tetapi batasan unduhan yang disediakan. Bukan lagi UC Browser, melainkan Puffin Browser dan peramban inilah yang memiliki fitur cloud yang menyerupai UDisk hanya berbeda dari segi fiturnya. Jika UDisk sepenuhnya milik UC Browser, sedangkan Puffin ini menggunakan situs cloud umum yaitu Dropbox dan Google Drive untuk melakukan hal yang sama seperti UDisk.

Pada dasarnya Puffin adalah browser yang paling cepat untuk saat ini, akan tetapi ada hal yang kurang pada browser tersebut yaitu kurang begitu friendly terhadap segala jenis ponsel, jadi untuk beberapa pengguna ponsel low-end akan mengalami kelambatan yang sangat ekstrim ketika melakukan browsing terlalu lama dengan Puffin dan kelambatan tersebut hanya terjadi pada browser saja dengan maksud tidak menjarah ke sistem.

Saat ini Saya sendiri menggunakan Dropbox pada Puffin dan sepenuhnya bekerja dengan baik sekali. Jadi pertama kalinya akan dimintai sebuah perijinan yang mengarah situs Dropbox dan pengguna cukup menyetujuinya untuk bisa melanjutkannya. Pada Puffin, sejak perbaruan 2016 telah menambah kapasitas batas berkas file yang dapat dialokasikan pada penyimpanan cloud maksimal sebesar 1 Giga Byte layaknya UDisk. Beikut ini tata cara penggunaannya.


  1. Pertama – tama silahkan buka Puffin Browser dan langsung saja menuju file yang akan diunduh. Akan muncul sebuah popup apabila file sudah siap untuk diunduh.
  2. Selanjutnya silahkan klik pada salah satu situs cloud, disini misalnya adalah Dropbox.

    Alternatif UDisk Yang Telah Dihentikan

  3. Maka pengguna akan disuruh untuk login terlebih dahulu pada Dropbox dan akan muncul halaman perijinan, silahkan klik Ijinkan.

    Alternatif UDisk Yang Telah Dihentikan

  4. Sekarang proses pengunduhan akan berjalan dan pengguna bisa melihatnya pada file manager cloud Dropbox dan siap untuk diunduh disana.

Jika pengguna mengunduh file ke Dropbox, akan lebih mudah melihat file hasil unduhannya melalui aplikasi Dropbox yang bisa diunduh pada Play Store. Begitu pula dengan Google Drive, sudah tersedia aplikasinya pada Play Store. Saya menggunakan Puffin hanya ketika ingin mengetahui konten flash yang ada pada sebuah website, biasanya adalah video. Berbeda dengan browser lainnya, Puffin jauh lebih halus ketika memutar konten flash dan jarang sekali macet tergantung dari spesifikasi ponsel juga. Untuk mengunduh Puffin Browser silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Banner Bawah Artikel

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Tasim November 21, 2016, 6:17 pm

    Kalo menurut saya, tidak begitu Penting juga sih Fitur UC Cloud ini

  • Akbar ae November 4, 2016, 9:06 pm

    Pertalite gan. jooss uc koit ucloud nya

Leave a Comment