≡ Menu

Cara Menambah Font Baru pada Adobe Photoshop

Font berguna untuk membuat tulisan menjadi berbeda dari sebelumnya, biasanya hal ini banyak digunakan untuk membuat logo yang berisikan nama atau slogan didalamnya dan pastinya memilih jenis font yang sangat bagus dan terlihat rapi. Adapun jenis font yang memiliki jenis yang unik dan tidak bisa terbilang rapi atau berantakan tapi memiliki unsur yang sangat bagus. Salah satu font yang banyak dikenal hampir semua orang adalah Arial dan Times New Roman, sebenarnya masih ada puluhan ribu nama font yang tersedia sekarang ini.

Setiap hari sangat memungkinkan bahwa terdapat sebuah font baru baik itu dibagikan secara gratis ataupun berbayar dan juga memilik format yang berbeda-beda. Font yang memiliki kualitas terbaik biasanya mendukung banyak sekali karakter baik itu simbol dan ini biasanya bernama unicode, dan font yang biasa hanya menampilkan karakter lengkap A-Z angka dan beberapa simbol saja. Banyak orang menggunakan font ini juga melakukan editing photo dan menambahkan suatu watermark barangkali atau suatu teks yang nantinya akan dikolaborasikan.

Untuk melakukan editing photo ada banyak jenis program yang tersedia, dan salah satunya adalah Adobe Photoshop. Program tersebut sangat terkenal karena bisa melakukan apa saja pada gambar dan salah satunya bisa menambah teks dan mendesain sekaligus. Tapi mungkin pengguna mengalami kesulitan apabila ingin menggunakan font yang diunduh pada suatu website tapi tidak terdeteksi pada Photoshop. Sebenarnya hal ini sangat mudah dan yang diperlukan adalah memasang langsung pada Windows. Berikut ini tata cara memasang font pada Photoshop.


  1. Pertama – tama silahkan siapkan berkas font yang akan dijadikan projek, dan untuk saat ini Photoshop telah mendukung format font antara lain TTF, TTC, PFB, PFM, OTF.
  2. Jika sudah disiapkan, kemudian klik kanan pada nama font tadi dan pilih Install.

    Cara Memasang Font Baru pada Adobe Photoshop

  3. Tunggu hingga proses menambah font telah berhasil.

    Cara Memasang Font Baru pada Adobe Photoshop

  4. Tahap terakhir, cobalah membuka Photoshop dan pilih font yang tersedia, pasti nama font yang ditambahkan tadi sudah ada dalam daftar.

    Cara Memasang Font Baru pada Adobe Photoshop


Pada cara diatas Saya langsung mem-praktekannya dengan font bernama Sofia Regular yang bisa ditemukan pada mesin pencari (Google) secara gratis. Jadi intinya untuk menambahkan font tidak bisa langsung dibuka dari Photoshop layaknya berkas pattern atau action dan harus dipasang langsung menuju sistem dan dengan begitu Photoshop bisa mendeteksi font yang telah terpasang dan font tersebut bisa digunakan sebagai projek teks nantinya.

Photoshop juga menyediakan fitur untuk membuat bentuk 3D dari teks yang dibentuk, dengan begitu pilihlah font yang terlihat menarik supaya hasilnya lebih bagus. Ada berbagai jenis font sesuai kegunaan, ada yang Bold yang mana biasanya digunakan sebagai Judul, adapula regular yang bisa digunakan sebagai penulisan biasa, lalu ada lagi light yang terlihat sangat tipis ketimbang regular. Untuk mencari font secara gratis, Saya lebih menyarankan pada Website Fontsquirel.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment