≡ Menu

Cara Sederhana Perkuat Signal 3G di Android

Perkuat Signal 3G dengan mudah

Signal atau jaringan merupakan hal yang sangat penting digunakan untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Tanpa adanya jaringan, pengguna akan kesulitan untuk melakukan percakapan maupun bentuk komunikasi lainnya sejenis mengirim pesan atau melakukan akses ke internet. Signal tidak selalu penuh dan hal tersebut tergantung dari lokasi yang ditempati saat ini. Pada dasarnya signal yang ada disalurkan dari sebuah tower dan tidak semua tower bisa menguatkan signal karena hanya tower khusus operator saja yang bisa membuat signal penuh apabila tetap didekati. Jika diperhatikan lebih lanjut signal akan selalu penuh jika pengguna berada pada pusat kota, namun masih kurang begitu mantap apabila pada desa ataupun tempat yang sulit dijangkau seperti di hutan.

Ada banyak tipe jaringan yang mempengaruhi signal, yaitu salah satunya adalah 3G. Meskipun di Indonesia telah tersedia 4G hanya untuk ditempat tertentu, namun signal 3G ini sudah ada di seluruh Indonesia. Meskipun masih tidak bisa dikatakan signal 3G ada pada seluruh tempat, itu juga tergantung kartu yang dipakai saat ini. Misalnya pengguna di desa A nyaman menggunakan kartu merah namun tidak nyaman dengan kartu kuning karena signal 3G yang kurang mantap, begitu sebaliknya pada desa B yang nyaman dengan kartu kuning namun tidak dengan kartu merah. Ini dikarenakan jangkauan signal yang kurang memadai dan pengguna hanya bisa diam.

Di desa Saya juga memiliki kualitas signal yang cukup buruk untuk beberapa kartu dalam jaringan 3G, namun sudah pernah Saya laporkan melalui pesan email dan mereka hanya meminta informasi tempat tinggal, sejauh ini setelah itu tidak ada lagi balasan dan kondisi signal masih tetap dan sulit untuk dijangkau jika didalam ruangan. Itulah kenapa Saya tidak akan lagi menghubungi operator meski signal dalam kondisi buruk, karena Saya hanya bisa menerimanya saja.

Sangat berbeda jika pengguna mengatur untuk merubah jenis jaringan menjadi EDGE atau 2G, pasti signal akan lebih banyak dan stabil. Tapi signal 2G menurut Saya saat ini sudah sangat lambat dan tidak patut digunakan untuk mengakses internet dengan stabil dan sedikit cepat, apalagi saat ini website sudah banyak yang tidak menggunakan versi Lite yang membuat data yang diperlukan untuk membuka suatu website lebih besar. Disini Saya akan membagikan tata cara untuk memperkuat signal 3G yang tidak begitu stabil dan membuatnya 20% lebih baik dari sebelumnya. Berkut ini tipsnya silahkan simak dibawah ini.

  1. Keluar Ruangan – Cara yang paling jitu untuk menghasilkan signal 3G yang lebih baik adalah keluar dalam ruangan dan tetap diluar. Tunggu beberapa detik dan signal akan menambah.
  2. Mendekatkan Ponsel pada Jendela – Entah mengapa cara ini juga patut untuk dicoba, tapi sudah Saya praktekan sendiri untuk menempelkan ponsel pada jendela dan signal 3G bertambah 2 bar dibanding diletakan pada meja.
  3. Restart Ponsel – Siapa tahu bahwa ponsel mengalami kesalahan sistem yang mengakibatkan jaringan tidak ada terus-menerus dan salah satu mengatasinya adalah melakukan restart/reboot.
  4. Cek Profil yang Sedang dipakai – Beberapa orang mungkin lupa tentang profil apa yang sedang dipakai saat ini, bisa jadi profil yang dipakai adalah mode pesawat yang menyebabkan jaringan tidak ada sama sekali. Untuk mengatasinya silahkan ganti ke Profil Umum.
  5. Ganti Mode Pesawat Lalu Mengembalikannya – Cara ini cukup sederhana, karena pengguna cukup ganti ke mode pesawat dan selanjutnya mengemabilaknnya lagi ke mode umum. Cara ini hampir sama layaknya melakukan reboot ponsel, namun tidak ada hubungannya dengan kesalahan sistem.
  6. Gunakan aplikasi Android HSPA+ Tweaker – Khusus untuk ponsel Android silahkan gunakan aplikasi tersebut, dengan memakainya signal yang sebelumnya suka hilang sendiri akan dibantu untuk menyetabilkan supaya tidak sampai hilang. Penggunaannya juga terbilang sangat praktis dan sederhana
  7. Melaporkan Ke Operator – Ini cara terakhir dan mungkin tergantung tempat juga. Terakhir Saya menghubungi operator tidak ada bedanya sama sekali, tapi silahkan saja mencoba untuk menghubungi operator sesuai kartu SIM pada Twitter ataupun dari alamat surel yang ditemukan pada website operator.

Hanya beberapa diatas yang bisa Saya bagikan untuk memperkuat signal 3G pada ponsel. Dan Saya sendiri lebih menganjurkan untuk mencoba cara pertama karena hanya perlu pergi keluar ruangan saja dan nikmati signal yang lebih baik daripada didalam ruangan. Karena signal disalurkan melalui udara dan bisa jadi didalam ruangan udara yang dihasilkan dari luar tidak terlalu banyak, yang menghambat signal untuk tetap sedikit atau tidak bertambah. Jika pada modem signal masih bisa diperkuat dengan adanya antena khusus, namun pada ponsel masih tidak bisa melakukan hal tersebut. Untuk cara yang terakhir, kemungkinan besar para operator hanya akan melakukan refresh jaringan atau bisa dimaksudkan menyegarkan jaringan supaya lebih baik, namun itu juga tergantung tempat, karena seperti kata Saya tadi bahwa pengguna hanya bisa menerima saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment