≡ Menu

Takon – Aplikasi Tanya Jawab Indonesia untuk Android

Takon jika diartikan dalam Bahasa Jawa adalah Tanya atau bisa jadi Bertanya. Dan kata tersebut lebih menimbulkan tentang perkataan yang akan menanyakan sesuatu. Sejak dulu telah disediakan sebuah platform tanya jawab yang mungkin memiliki pengguna yang banyak sekali, yaitu buatan Yahoo yang diberi nama Yahoo Answer. Memang sangat bagus sekali semua fiturnya dtambah banyak pengguna yang selalu aktif menjawab pertanyaan sesuai topik yang dimiliki, dan bagusnya lagi sudah disediakan untuk pengguna Indonesia. Yahoo Answer juga telah tersedia untuk smartphone dan fitur didalamnya juga sangat menarik dan hampir lengkap.

Lalu apa hubungannya dengan “Takon“. Takon adalah sebuah aplikasi Android yang memiliki kinerja yang hampir sama dengan aplikasi tanya jawab lainnya, sama halnya Yahoo Answer, namun Takon hanya dikhususkan untuk pengguna Indonesia saja. Pengguna dari aplikasi tersebut juga mulai bertambah banyak setiap harinya dan telah mendapat rating yang cukup baik pada Play Store. Dengan tampilan hijau sesuai warna logo dan memiliki icon berbentuk owl (burung hantu). Navigasi yang ada pada aplikasi sangatlah baik, layaknya sebuah aplikasi sosial media. Dan Takon sendiri juga memberikan hal baru dalam hal Question and Answer (Q&A), yang memberikan kenyamanan tersendiri untuk penggunanya yang akan bergabung.

Kenapa Saya mengatakan kenyamanan, karena pada aplikasi Takon akan diberikan panduan untuk memulai pertama kali supaya pengguna bebas melakukan apapun dengan aturan yang disediakan, meski jika dilihat lebih lama fiturnya masih tidak begitu banyak, namun aplikasi ini cocok menjadi yang terbaik dari semua aplikasi tanya jawab Indonesia yang ada. Pertama kali menggunakannya, pengguna akan disuruh untuk mendaftar menggunakan beberapa pilihan, yaitu bisa menggunakan Facebook, Twitter, atau langsung daftar menggunakan akun Email, mungkin kebanyakan akan daftar langsung menggunakan akun Facebook karena lebih praktis, dan apabila mendaftar menggunakan akun Email akan disuruh untuk mengunggah foto profil, dan melengkapi data pribadi lainnya.

Adanya fitur folowers/following yang membuat pengguna bisa melihat pertanyaan siapa saja yang telah diikutinya dan sebaliknya. Dan fitur notifikasi juga disediakan, pengguna bisa mengatur ingin mendapatkan pemberitahuan apa saja yang dikirimkan langsung dari aplikasi meski ponsel dalam keadaan layar terkunci. Apabila dilihat dari bentuk navigasi, hampir mirip dengan Instagram, hanya saja ini soal tanya jawab dan pengguna bebas memilih topik mana saja yang diinginkannya dan menanyakan apa saja dengan syarat harus mematuhi peraturan yang ada. Berikut ini gambaran dari aplikasi Takon, silahkan lihat dibawah ini.

Takon Aplikasi Tanya Jawab Di Android Takon Aplikasi Tanya Jawab Di Android Takon Aplikasi Tanya Jawab Di Android Takon Aplikasi Tanya Jawab Di Android

Menarik bukan? Pengguna juga diberikan hak untuk memberikan pendapatnya pada halaman aplikasi Takon pada Play Store. Setiap pengguna bisa mengikuti apapun pertanyaan yang ada, dan setiap terdapat orang lain yang menjawab, pengguna akan langsung mendapatkan pemberitahuan dengan segera. Ukuran dari aplikasi Takon juga sangat sedikit, tidak membuat ponsel menjadi lambat meski dibuat multitasking dengan aplikasi lain. Pengguna juga bisa mengundang teman Facebook atau melalui Email pada menu yang disediakan untuk menggunakan Takon. Aplikasi ini gratis dan Saya sendiri merekomendasikan aplikasi kepada pengguna yang sering bertanya-tanya apapun. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi Takon membutuhkan Android 4.1 keatas, memiliki ukuran sekitar 7Mb, tidak membutuhkan cache/data tamabahan. Aplikasi ini telah berkembang lama dan telah diperbarui beberapa kali dalam memnginprovisasi fitur yang ada dan tampilan yang lebih menarik. Pengguna bisa membuat pertanyaan dengan cepat, dan tidak seperti aplikasi lain yang mengharuskan mengisi sesuatu yang membingungkan, sedangkan Takon akan selalu memudahkan penggunanya dalam mencari sesuatu pendapat ataupun hal yang tidak ditemukan pada Internet. Meski ada yang melakukan spam, atau bisa dikatakan menjawab tak bermutu atau tidak mengikuti topik yang ada, orang tersebut bisa dilaporkan dan diblokir. Tanyakan hal yang tidak diketahui di Internet hanya dengan Takon, dan temukan teman yang akan selalu menjawab setiap pertanyaan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment