≡ Menu

Beberapa Hal Yang Membuat Modem Cepat Panas

Mengatasi modem tidak panas

Meskipun saat ini telah tersedia berbagai banyak tipe jaringan, namun beberapa orang tidak memperdulikan akan hal itu dan yang terpenting adalah seberapa cepat mengakses internet. Banyak sekali ditemukan Modem yang berbeda-beda kualitasnya dan memiliki kelebihan tersendiri tergantung harganya, dan pada dasarnya modem yang bagus rata-rata memiliki harga 200 keatas, dan pengguna akan mendapatkan fitur terbaik dalam melakukan penyambungan internet dengan segala macam jaringan yang didukung oleh modem tersebut. Contohnya yang saat ini sedang trend adalah jaringan 4G, meski sudah ada pada kalangan ponsel, tentu modem jauh lebih dulu memiliki fitur tersebut dilihat dari popularitasnya.

Modem memang berbeda-beda, ada yang bisa menjangkau signal dengan bagus, dan adapula yang tidak tergantung dari kualitas modem tersebut. Dan banyak sekali tipe modem saat ini didukung untuk penambahan antena, supaya bisa menjangkau jarak yang lebih baik misalnya pada hutan tentu akan kesulitan untuk mencari signal, namun dengan menggunakan antena masih bisa mendapatkan signal walau tidak seberapa tapi masih bisa digunakan. Modem tidak hanya digunakan untuk menyambungkan ke internet saja, tapi juga bisa untuk melakukan SMS dan Telepon. Memang kebanyakan orang hanya mengetahui modem hanya untuk menyambung internet saja, padahal bisa melakukan lebih dari itu.

Modem dikenal cepat panas, ini ada beberapa faktor yang mungkin terdapat pada modem tersebut. Yaitu bisa saja modem tidak mendukung fitur untuk mendinginkan otomatis, jika memiliki fitur tersebut modem akan tidak terlalu panas dan hanya akan hangat saja ketika digenggam, namun jika terlalu panas ada kemungkinan modem tidak mendukung fitur mendinginkan suhu otomatis. Tidak hanya itu saja sebenarnya yang membuat modem cepat panas, namun proses data yang terlalu tinggi juga mengakibatkan suhu modem semakin panas. Pastinya orang yang memiliki modem cepat panas tidak akan senang karena modem tersebut digunakan untuk menyambung internet dalam jangka waktu lama.

Ada beberapa kemungkinan penyebab suhu modem panas dan bisa juga dilakukan tes terhadap modem tersebut. Mengatahui bahwa rata-rata saat ini modem sudah memiliki fitur untuk membaca MMC, Salah satu tesnya adalah, cobalah untuk menjadikan modem sebagai Card Reader saja dan tidak memasukan kartu SIM dan colokan pada PC. Tunggu hingga waktu 10 menit dan apabila tidak panas berarti tidak ada hubungannya dengan kartu SIM, tapi apabila panas berarti memang dari modemnya yang tidak mendukung penurunan suhu otomatis. Disini Saya membagikan beberapa hal yang membuat modem cepat panas, silahkan simak berikut ini.

  1. Modem Tidak Dilengkapi Fasilitas Pendingin Otomatis – Ini yang Saya utamakan karena kebanyakan modem tidak memiliki fitur ini, jadi sebaiknya tidak menggunakan modem seharian, khawatir apabila komponen didalam membakar akibat suhu panas yang terlalu tinggi. Apalagi modem dilengkapi bahan metal pada bagian luar justru lebih mengkhawatirkan.
  2. Signal Sedikit – Hal ini juga mengingatkan pada ponsel lawas (CDMA) yang akan panas jika mendapat signal 1 secara terus-menerus. Dan sudah dibuktikan oleh banyak orang ternyata modem juga memiliki sifat yang sama, apapun jaringannya modem akan terus mencoba memperluas dan hal tersebut membuatnya suhu menjadi tinggi.
  3. Mengunduh Konten Besar Dengan Kecepatan Tinggi – Hal ini wajar, karena modem akan bekerja untuk mendapatkan hal yang terbaik untuk pengguna dengan memberikan pengalaman kecepatan paling tinggi, misalnya LTE yang bisa mencapai 20Mb/s. Jadi apabila mengecek modem panas disaat mengunduh konten besar, hal itu wajar saja.
  4. Akibat AC Laptop – Biasanya orang sering menancapkan modem tanpa adanya kabel sambungan pada laptop, tentu sebaiknya itu dicegah atau jika terdapat 2 port USB, silahkan tancapkan pada area yang tidak berdekatan AC, karena biasanya port USB yang ada pada laptop berdekatan pada AC yang mengakibatkan suhu panas menyalur area tersebut dan otomatis lama-kelamaan suhu panas akan terbawa pada modem.

Hanya itu saja yang membuat modem cepat panas, dan hampir sama halnya dengan flashdisk, apabila bagian luar terdapat metal pasti suhu panas jauh lebih tinggi dibanding bahan plastik. Tapi saat ini kebanyakan modem memiliki fasilitas pendingin otomatis, dan sebaiknya bertanya-tanya lebih dahulu sebelum membeli, karena meski modem terlihat bagus dari luar, tidak sepenuhnya bagus dari dalam. Saya sendiri menggunakan modem dengan harga kisaran 200rb dan itu sudah cukup untuk membuat sambungan, ditambah telah mendukung LTE, jadi kecepatan semakin baik namun sekali pakai kuota habis.

Modem yang Saya gunakan juga pernah mengalami panas akibat mendapatkan signal internet DC-WCDMA cuma 1bar. Lalu Saya coba untuk mencoba keluar ruangan dan mendapatkan signal lebih baik yatu 4bar, dan memang terbukti ternyata jika modem mendapatkan signal full tidak akan cepat panas, jadi Saya simpulkan bahwa modem yang memiliki signal 1bar akan terus memaksa supaya mendapatkan signal lebih baik, dan hal tersebut yang membuat suhu modem cepat panas. Sama halnya manusia jika memaksa akan suatu hal yang kecil akan cepat marah apabila terus-terusan tidak mendapatkannya, dan hanya beberapa orang yang sabar akan tragedi sejenis itu. :mrgreen: Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment