≡ Menu

Cara Mempercepat Proses Index Google

Google Logo

Google adalah salah satu mesin pencari yang sangat banyak digunakan di Indonesia, tidak hanya pada beranda browser ponsel, namun pencarian ponsel smartphone juga kebanyakan menggunakan Google sebagai mesin pencari yang handal, saat ini Google juga sudah memiliki aplikasi pintar bernama Google Now, jadi kamu bisa mencari informasi dengan mudah tanpa harus susah mengetikan kata, karena bisa digunakan sambil bicara, juga tersedia tren sehari-hari memungkinkan pengguna tidak ketinggalan informasi, serta banyak lagi fitur unik dalam aplikasi tersebut seperti informasi cuaca, lalu lintas, dan sebagainya. Tapi kali ini Saya tidak membagikan tentang aplikasi ini, melainkan sesuatu yang khusus pada bagian Google yang masih tidak banyak digunakan orang.

Jika kamu memiliki blog, pastilah ingin tampil di halaman Google supaya ada pembaca dan tidak sia-sia membuat artikel dengan karakter yang banyak. Tapi sebagian ada juga website yang tidak ditampilkan google atau bisa dikatakan belum waktunya, ini bisa terjadi karena spider belum merayapi website tersebut karena pengunjung masih sedikit, tapi adapula website baru dan besoknya sudah tampil semua konten yang ada, ini dikarenakan konten yang ada memuaskan dan patut ditampilkan. Diketahui bahwa Google ini benci dengan website spam atau bisa dikatakan membagikan informasi yang tidak jelas, untuk itulah setiap bulan atau beberapa bulan selalu ada website yang meninggalkan Google akibat penalty yang diberikan.

Saya sendiri pernah mengalami pada blog ini yang hanya tampil 300 halaman saja di Google, itu wajar saja karena Saya hanya membagikan konten saja dan untuk tags, halaman pencarian, sengaja tidak Saya tampilkan guna memperkecil penalty akibat spam. Nah masalahnya adalah spider Google ini belum merayapi website kurang lebih 5 hari, jadi sudah Saya ketikan “site:websiteSaya.tld” pada pencarian Google dan hasilnya untuk homepage adalah 5 hari yang lalu, padahal Saya setiap hari selalu publish artikel. Ini bukanlah kesalahan server atau apapun dari blog tersebut, namun memang dari Google yang belum dilakukan perayapan/crawl.

mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, cukup melakukannya pada Google Search Console (Dulu Webmaster Tools). Kurang lebih pada tahun 2014 lalu fitur yang akan Saya bagikan ini disediakan oleh Google, dan setiap pengguna diberikan 500 kuota, dengan maksud batasan 500 perbulan. Ingin tahu 500 itu apa ? Sebenarnya itu pemindaian manual dari pencarian Google langsung, jadi apabila spider Google belum merayapi selama beberapa hari, kamu bisa menggunakan cara ini sebagai alternative dan sebagai saran, sebaiknya tidak melakukan dengan sering meski batasan adalah 500, tetap saja harus berhat-hati saat menggunakannya supaya tidak tergolong spam. Berikut ini tata cara penggunaanya, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama pastikan situsmu sudah terdaftar pada Google Search Console, apabila sudah, silahkan klik pada URL website yang ingin dirayapi manual.
  2. Sekarang, silahkan lihat pada menu disamping kiri, dan klik Perayapan. Lalu akan muncul submenu dan silahkan klik pada Ambil sebagai Google
  3. Selanjutnya akan tampil halaman baru, pada bagian kolom jika ingin merayapi halaman utama website sebaiknya tetap dikosongkan saja, lalu disebelahnya tinggal pilih jenis perayapan, sebaiknya Desktop.
  4. Jika sudah, silahkan klik pada tombol Ambil dan Render, maka akan muncul popup, silahkan pilih pada Kirim ke indexs.
  5. Tunggu loading hingga selesai, dan jika sudah selesai, icon loading menunjukan centang berwarna hijau, silahkan klik Rayapi URL ini saja. Lalu lihat hasilnya, pasti halaman sudah dirayapi.

Cara ini sebenarnya tidak hanya dikhususkan pada halaman utama situs saja, tapi halaman artikel juga bisa dilakukan hal ini jika sewaktu-waktu merasa belum terindex dengan sempurna. Untuk melakukan perayapan dengan cara ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik saja, dan setelah itu lihat hasilnya, secara langsung layaknya Google baru memperbarui waktu yang sebelumnya beberapa hari yang lalu menjadi 1 menit yang lalu. Kebanyakan orang berfikir kenapa tidak ada menu Perayapan pada halaman Google Search Console ? Itu dikarenakan bahasa dari akun Google milikmu masih menggunakan Bahasa Inggis, jadi pastikan sudah mengubah ke Bahasa Indonesia sebelum mencoba cara diatas. Situs yang baru dibuat sangat cocok menggunakan cara ini, karena sudah terbukti akan fiturnya yang cemerlang. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment