≡ Menu

Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi Repeater

Banyak orang yang mengeluh akibat jaringan WiFi yang diperoleh sangatlah sedikit di PC ketimbang di smartphone. Memang saat ini banyak sekali ponsel yang bisa menerima signal wifi lebih baik ketimbang PC dan tidak semua ponsel, kemungkinan hanya ponsel kelas (ternama). Jika di ponsel menggunakan wifi bisa dilakukan disembarang tempat, entah itu tempat yang tinggi atau datar, kalau koneksi sudah terhubung pasti bisa dibuat untuk menelusuri internet. Berbeda dengan PC seperti laptop, yang harus diletakan pada tempat yang datar saja, karena kalau ditempatkan pada tempat yang miring misalnya, bisa merusak komponen yang berputar didalamnya. Jadi contohnya jika kamu ingin melakukan browsing melalui wifi gratisan :mrgreen: tapi hanya bisa dilakukan pada tempat yang bisa diraih dengan ponsel saja, caranya sangatlah mudah, yaitu menjadikan ponsel tersebut sebagai repeater.

Jika kamu tidak tahu apa itu repeater, itu digunakan untuk membagikan koneksi dari jaringan yang didapat. Jadi saat ponsel terhubung dengan WiFi, kamu bisa membagikan koneksi layaknya tethering. Tapi biasanya banyak ponsel yang tidak bisa mengaktifkan tethering ketika WiFi dihidupkan. Untuk itulah ponsel yang telah di ROOT berfungsi. Tapi jangan senang dulu, karena tidak semua versi ponsel bisa mendukung seperti meski sudah dalam keadaan ROOT. Saat ini seperti pada judulnya Saya hanya membagikan cara untuk ponsel Android saja, dan cara ini berfungsi dengan baik pada OS 4.0 keatas. Untuk dibawah ICS, silahkan dicoba sendiri, karena Saya tidak yakin akan bekerja pada Gingerbread.

Ada kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan Android sebagai WiFi Repeater, yaitu bisa membuat baterai Android cepat habis (bukan ngedrop), dan membuat ponsel Android tersebut akan panas. Dan kelebihannya koneksi yang dibagi sama cepatnya dengan rata-rata kecepatan wifi yang digunakan, tidak sering disconnect dengan maksud tidak sering putus jaringannya, bisa mengolaborasi dengan netcut untuk memotong wifi orang lain. Saran Saya supaya ponselnya lebih awet, gunakan repeater hanya pada saat tertentu saja, maksudnya tidak dalam jangka waktu panjang. Karena ponsel Android bukan tercipta sebagai WiFi repeater. :mrgreen: Berikut ini cara penggunaan Android sebagai WiFi Repeater silahkan lihat dibawh ini.

  1. Pertama-tama silahkan unduh aplikasi fqrouter2 dibawah artikel ini. jika sudah silahkan pasang dulu dan buka.
  2. Lalu akan ada perijinan SuperUser silahkan ijinkan saja dan tunggu hingga masuk aplikasi. Jika gagal masuk aplikasi silahkan hubungkan dahulu ke WiFi untuk pertama kali saja.
  3. Jika sudah masuk aplikasi tersebut, silahkan klik button yang ada ditengah, maka kamu akan dibawa ke peramban/browser dan silahkan scroll kebawah dan temukan teks WiFi Repeater.
  4. Silahkan centang pada opsi tersebut, dan mulai mengedit layaknya membuat tethering. Jika sudah silahkan coba pada perangat lain apakah sudah berhasil ?

FQROUTER2

Aplikasi fqrouter2 ini tidak tersedia pada Play Store bukan karena aplikasi ini berbahaya, karena melanggar ketentuan saja. Dengan cara sedikit diatas kamu sudah bisa membuat ponsel sebagai WiFi repeater. Dan untuk menghidupkan/mematikan repeater tinggal centang pada opsi. Sangat mudah sekali bukan ? Mungkin hanya aplikasi ini yang paling mudah dalam penggunaanya dan kualitas dalam pembagian jaringan. Tapi jika kamu masih berfikir fiturnya kurang baik, lebih baik beli alat WiFi Range Extender, dan jaraknya jauh lebih besar ketimbang ponsel dan PC. Soal harga tergantung kualitas, kalau Saya beli yang murah-murah saja. 😀

Sebelum mengunduh aplikasi fqrouter2, ketahui dulu apakah ponsel Android yang kamu miliki telah berstatus ROOT, dan untuk pengguna Gingerbread silahkan dicoba dulu, siapa tahu bisa, karena aplikasi ini minimum system yang dibutuhkan adalah OS 2.3, tapi kadang menu WiFi Repeater tidak ada. Dan bagi pengguna Android 4.0 keatas, sudah pasti bisa menggunakan aplikasi ini. Ukurannya sekitar 1Mb. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 5 comments… add one }
  • anas May 22, 2017, 4:32 am

    Ane gabisa gan, bacaannya ga support version OS 4.4++

    saran aplikasi yang lain gan

    • rrobyf May 23, 2017, 10:59 am

      Di beberapa ponsel kitkat ini berhasil, Tapi akan Saya perbarui di website ini apabila ada aplikasi yang menyerupai dan sekiranya berfungsi untuk semua ponsel Android.

  • Ikhy February 9, 2017, 3:03 pm

    Ada apk yg blm root? Dngn fungsi yg sama sebagau repeater…

  • ra hman August 22, 2016, 1:23 pm

    Mantab gan, saya cari di ps ngga nemu, nemunya disini

    tq

Leave a Comment