≡ Menu

Cara Sederhana Menggunakan Wget Di PHP

WGET LOGO PROGRAM

Wget adalah sebuah alat yang digunakan untuk menerima file dan menyimpan langsung pada server. Wget adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan orang untuk mengunduh sesuatu dari situs lain dan bisa melakukannya dengan sangat mudah dan cepat tergantung server situs yang akan diunduh filenya. Ada banyak opsi yang ada di wget sepert bisa menggunakan useragent, cookies, bahkan post data juga bisa, dengan begitu orang dapat mengombinasikan wget lebih mudah untuk sesuatu yang bersifat mengunduh contoh sederhana adalah private web proxy. Setiap web proxy pasti tidak menyediakan download file pada lokal melainkan kebanyakan langsung memakai octet-stream, tapi jika kamu membuat sendiri, pasti dapat dikombinasikan supaya file dapat terunduh dulu ke server lokal dan pengguna bisa mengunduhnya lagi dengan tenang tanpa harus memikirkan bisa dipause atau tidak.

Wget saat ini telah berada di versi 1.6.1 dan terakhir diperbarui tahun 2014, kebanyakan shared hosting sudah menginstall alat ini diservernya, contohnya Bluehost, Hostgator, Namecheap, dan hosting populer lainnya. Untuk dapat digunakan pada website, hal utaama yang harus diketahui ialah apakah fungsi penting dimatikan atau tidak, fungsi penting tersebut untuk saaat ini bisa diartikan fungsi exec(), system(), popen(), dan fungsi shell lainnya pada PHP. Tanpa fungsi itu kamu akan kesulitan untuk mengadaptasi wget untuk bisa dijalankan pada website.

Disini Saya hanya menjelaskan cara kerja yang paling mudah dari kinerja wget ini menggunakan command line dan exec(). Jadi jika kamu pernah mengunduh file pada situs lain, dan menyimpan pada server situsmu, saat ini tidak perlu lagi memakai fungsi copy() atau yang lainnya yang tampak lebih menghabiskan resource. Gunakan saja wget karena lebih mudah dan praktis. Berikut ini contoh kode yang paling sederhana dari wget silahkan lihat dibawah ini.

Proses biasa

<?php
echo exec("wget http://situstarget.com/file.rar");
?>

Proses dengan background

<?php
echo exec("wget -b http://situstarget.com/file.rar");
?>

Proses dengan background dan mengubah nama file

<?php
echo exec("wget -b -O Berkas.rar http://situstarget.com/file.rar");
?>

Ketiga kode wget diatas adalah yang paling sederhana dan hanya menampilkan output yang sama. untk cara pertama mungkis sudah bisa dipahami, untuk cara kedua yaitu menambahakan supaya bisa menjalankan pada background yaitu menambah perintah -b. Dan ketiga untuk mengubah nama file yaitu menggunakan perintah -O (harus O besar). Ada sekian banyak perintah yang ada, untuk mengetahuinya silahkan ketikan perintah –help atau -h maka otomatis akan tampil setap perintah dan kegunaannya. Jika kamu ingin mengetahui wget lebih dalam, silahkan menuju GNU. Jika ada yang ingin ditaanyakan tentang diatas silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • Portal Game April 22, 2015, 9:55 am

    Aduh aku gak paham juga pak, pdhl sudah bolak-balik baca

    • rrobyf April 22, 2015, 11:51 am

      Silahkan tanya mana yang kurang tau. Untuk kode diatas hanyalah contoh sederhana untuk fetch file, kamu dapat mengombinasikan dengan berbagai perintah wget yg ada dengan mengetikkan –help atau -h.

Leave a Comment