≡ Menu

Cara Sederhana Menonaktifkan Safemode di PHP

PHP Logo

Pemanggilan command di PHP sangat mudah dilakukan dengan bantuan fungsi shell_exec(), system(), dan yang lainnya. Namun ada juga hosting yang mematikan fungsi itu sehingga usernya tidak lagi bisa menggunakan fitur tersebut dengan alasan keamanan situs. Dengan bantuan fungsi pemanggilan command line di PHP, pengguna dapat melakukan lebih dari biasanya, seperti menggunakan wget, ffmpeg, rar/unrar, crontab, dan lain-lain yang kemungkinan besar tidak dapat dilakukan pada fungsi-fungsi PHP standar. Tentu hal ini masih bisa diatasi dengan bantuan kode sederhana yang berletak pada sistem otak sebuah website yaitu .htaccess atau php.ini.

.htaccess memang lebih populer dan banyak digunakan dibanding php.ini, perbedaan tidak hanya pada nama saja, namun tata letak di php.ini juga berbeda-beda. Jika .htaccess dapat dibuat langsung pada ROOT directory dan berfungsi seketika, sedangkan php.ini tidak selalu dapat berfungsi pada ROOT dan ada pada directory yang berbeda sesuai operasi sistem server yang digunakan. Kebanyakan php.ini dapat langsung berfungsi pada ROOT directory pada server Windows.

Ketika safemode diaktifkan, website memang terbilang sangat aman, dan ketika menuliskan fungsi yang ditolak contohnya shell_exec(), maka sistem akan menampilkan teks seperti ini Warning: shell_exec() has been disabled for security reasons in blablabla. Jika kamu pernah melihat seperti itu, berarti server yang kamu gunakan telah mengaktifkan safemode. Ini dia 2 cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

.htaccess

php_flag safe_mode Off

php.ini

safe_mode = Off

Diatas terdapat 2 cara yang bisa kamu pilih salah satu dan saran Saya gunakan cara .htaccess dulu karena sangat mudah dilakukan. Untuk menggunakannya cukup mudah, silahkan salin kodenya dan menuju filemanager/FTP dan buat file bernama .htaccess lalu tempel kodenya dan simpan, jika sudah ada file .htaccess, cukup tempel kode diatas pada bagian atas sendiri. Dan untuk php.ini, silahkan salin kode untuk php.ini diatas dan masuk dari SSH dan menuju directory /etc/php.ini atau /etc/php5/php.ini sesuai directory php.ini pada servernya, lalu silahkan tempel kodenya pada bagian atas sendiri.

Dari sini kamu sudah bisa melihat cara termudah untuk memanipulasi sefemode. Dan jika cara ini masih tidak berhasil, maka kamu harus menghubungi pengelola server dan menyuruhnya untuk menonaktifkan safemode, yang ini pasti cara yang lebih mudah karena tidak perlu melakukan apa-apa. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment