≡ Menu

Tips Menjaga Website Tetap Awet Di Search Engine

ALL Big Search Engine Logo

Di setiap situs mesin pencari, terdapat jutaan website yang telah ditampilkan dan diurutkan. Setiap website yang ditampilkan sepuluh besar pasti adalah website yang telah banyak dikunjungi dan tidak hanya pengunjung saja yang dihitung, namun ada banyak faktor yang membuat sebuah website ada pada sepuluh besar di mesin pencari seperti Backlink, Pagerank, dan lain sebagainya. Setiap pemilik website yang sudah memiliki pengunjung tetap dan terus bertambah, pastinya tidak ingin kalau situsnya tidak memiliki pengunjung secara drastis akibat situs yang dimiliki tidak tampil lagi di mesin pencari. Di artikel ini Saya akan membagikan sedikit tips supaya website tetap ada di mesin pencari tanpa ada gangguan.

Website yang memiliki jangka lama di mesin pencari, adalah website yang membagikan informasi dan tidak membuatnya tampak seperti SPAM (sampah). Banyak sekali website yang memakai judul yang aneh namun isinnya bukan sebuah konten namun menuju pencarian untuk situs itu, dan yang semacam ini bisa disebut sebagai SPAM apabila halaman yang terindex di mesin pencari terus bertambah setiap hari.

Ada juga website yang memakai plugin sejenis penangkapan “search terms” dari mesin pencari dan ditampilkan pada situs. Kebanyak dilakukan pada situs berbasis WordPress. Sebenarnya tidak masalah asalkan penangkapan search terms yang ditampilkan tidak banyak sekali seperti 100 search terms. Hal tersebut dapat disebut SPAM oleh mesin pencari dan mengakibatkan website tersebut tidak lagi ditampilkan.

Saat ini, mesin pencari yang paling populer yaitu Google, telah mempunyai 3 alat analisis yang dapat meminimalisir dari SPAM konten, setiap alat dari ketiga tersebut diperbarui dengan waktu yang berbeda beda. Ketiga alat tersebut yaitu Panda, Penguin, dan Hummingbird. Banyak sekali para pemilik website ragu ketika salah satu dari ketiga alat tersebut diperbarui algoritmanya, sebab dampak yang ditimbulkan sangat besar jika website, termasuk sebagai SPAM. Tentunya berdampak pada SERP.

Ada juga yang bernama Google Sandbox. Saya masih belum tahu tentang ini, tapi banyak dari teman Saya yang bilang bahwa untuk yang ini suka memberi penalty bagi situs yang suka melanggar. Sejenis website penyedia movies tanpa persetujuan, membagikan konten ileg*l, dan lain-lain.
Untuk itu sebelum website yang kamu punya tidak terindex lagi, akan lebih baik untuk mengetahui sedikit tips dibawah ini untuk membuat websitenya jauh lebih baik di Search Engine. 😀

  1. Posting Artikel – Gunakan minimum 2000 kata untuk setiap artikel dan pastikan artikel yang dimiliki tidak sama dengan artikel di website lain. Jumlah maksimal posting untuk setiap hari Saya sarankan 10 artikel saja.
  2. Search Terms – Jika menggunakan semacam plugin untuk menangkap keyword yang masuk dari mesin pencari, jika keyword tersebut ingin ditampilkan sebaiknya tampilkan pada artikel saja, maksudnya tidak dibuat sidebar, dan cukup menampilkan 5 keyword saja. Dan di kelima keyword tersebut jangan buat sebagai link menuju artikel apa lagi menuju halaman pencarian. Cukup buat sebagai teks biasa.
  3. Backlink – Carilah backlink secara manual seperti blogwalking pada blog teman. Sebaiknya jangan menggunakan situs atau software penambah backlink cepat, sebab jika backlink bertambah 1000 lebih untuk satu hari, dapat diperkirakan sebagai spam.
  4. Duplikat Konten – Usahakan website yang kamu kelola tidak memiliki duplikat konten. Ini tidak seperti artikel sama, namun sebuah teks yang banyak telah terduplikasi dibanyak halaman. Contohnya seperti pada halaman tags dan pencarian, terkadang ada website yang menampilkan judul dan beberapa isi dari artikel pada daftar di halaman tags dan pencarian. Sebaiknya halaman tersebut dihilangkan. Lebih baiknya pakailah meta noindex,follow, jadi meski halaman tidak tampil, tapi link yang ada akan tetap hidup.
  5. Server Website – Gunakan server yang memungkinkan tidak sering down, sebab bot dari mesin pencari tidak akan dapat merayapi halaman ketika situs sedang down. Terkadang akan mendapatkan peringatan dari webmaster, Semakin banyak mendapat peringatan, maka health pada situs akan semakin merendah dan efeknya terpengaruh pada SERP.

Diatas adalah beberapa tips supaya website yang dimiliki tetap ditemukan di mesin pencari dan tanpa ada pengaruh pada SERP. Hanya dengan sedikit cara diatas, pasti sudah dapat memaksimalkan website untuk mencegah terkena tilang dari ketiga alat google. Yang Saya utamakan untuk dilakukan yaitu jangan mengindex halaman pencarian atau tags, karena jika terlalu banyak dapat disebut spam. Jadi cukup mengindex bagian home, kategori dan konten saja itu lebih baik.
Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ber-komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment