≡ Menu

Cara Mengambil Gambar Dari Video Di Android

Terkadang, sangat perlu mengambil gambar yang ada pada sebuah video, seperti sebuah video yang menyediakan sesuatu tata cara yang ingin diketahui lebih detil dengan cara dijadikan gambar. Ada juga orang yang ingin mengambil gambar penggemarnya dari video yang dimilikinya untuk diabadikan menjadi foto. Tentu cara tersebut dapat dilakukan, meski menggunakan ponsel juga bisa dan tentunya sangat mudah.

Di ponsel Android, kamu dapat meng-capture / grab gambar yang kamu inginkan dengan bantuan aplikasi. Dan aplikasi tersebut adalah Frame Capture. Didalam aplikasi tersebut, kamu dapat mengambil gambar dari dalam isi video. Yang cukup dilakukan hanya memilih atau menunggu menit waktu yang diinginkan sesuai gambar yang akan diambil nantinya dan untuk mengambilnya cukup meng-klik tombol kamera yang ada ditengah atas.

Ada banyak sekali aplikasi untuk mengambil gambar dari video, tapi menurut Saya hanya aplikasi frame capture yang memiliki hasil yang baik saat gambar tersimpan. Banyak sekali keunggulan yang ada pada aplikasi frame capture, contohnya resolusi video tidak akan dipotong ketika gambar sedang diambil, jadi meskipun resolusi video diatas 720p maka resolusi gambar yang diambil juga akan sama. Saya pernah memakai aplikasi lain untuk mengambil gambar dari video tapi pada saat itu jika resolusi video diatas 720p akan terpotong hanya menjadi 360p saja. Tapi dengan aplikasi Frame Capture tidak ada batas resolusi, dan gambar yang terambil dapat tersimpan dengan baik.

Di aplikasi ini juga masih terdapat sedikit kekurangan yang ada pada dekoder video yang diputar. Jadi dapat diperkirakan jika video tidak dapat memutar memakai encoder sejenis Mencoder SVN-r37150xx. Tapi jangan khawatir karena hanya dibeberapa ponsel saja yang tidak dapat memutar video dengan dekoder itu.

Fitur yang tersedia, terbilang cukup banyak. Yaitu Gallery Capture, Video List, Search Menu, History, Set Background, Time in capture, Set capture format, dan Set capture resolution. Menurut Saya dari beberapa fitur dari sebuah aplikasi pengambil gambar video tersebut sudah cukup banyak dan yang Saya sukai dari aplikasi tersebut adalah dapat memperlambat waktu gerak dari video, jadi kamu dapat mengambil tidak hanya pada waktu detik saja, bahkan setengah detik juga bisa.
Berikut ini screenshot yang Saya dapat dari aplikasi Frame Capture. Silahkan lihat dibawah ini.

Frame Capture Android App Banner Frame Capture Android App Banner Frame Capture Android App Banner

Cukup menarik bukan.? Tentu, Karena gambar yang tersimpan juga dapat dilihat pada menu bar kiri dan hal tersebut untuk memudahkan memisahkan gambar yang telah diambil dari video yang berbeda dalam bentuk folder. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Link diatas termasuk direct link APK. Apabila ingin menginstall dari play store silahkan klik disini. Ukuran aplikasi sekitar 9.9 Mb dan membutuhkan versi Android 2.0 keatas. Jika terdapat link download yang rusak silahkan untuk komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment