≡ Menu

Cara Menghapus Folder Windows.old Secara Aman

Cara Menghapus Folder Windows.old Secara Aman

Setiap kali meng-update versi Windows, sistem akan melakukan backup penuh terhadap versi saat ini untuk sekedar jaga-jaga apabila kamu ingin kembali. Jadi sistem akan menyimpan cadangan penuh itu pada folder bernama Windows.old.

Folder Windows.old tersebut juga tidak bersifat sementara. Jadi apabila tidak kamu hapus, folder itu akan terus menetap disana sampai pembaruan Windows yang berikutnya. Sebenarnya itu tidak masalah untuk disimpan selama penyimpanan drive mencukupi.

Tapi jika penyimpanan pada drive di komputer kamu menipis, maka ada baiknya untuk menghapus folder tersebut. Dan artikel ini akan membagikan cara paling aman untuk menghapus folder tersebut.

Menghapus Folder Windows.Old

Sehubungan folder Windows.old ini mencakup file sistem, jadi Saya tidak menyarankan untuk langsung menghapusnya dari Windows Explorer. Melainkan kamu dapat menghapusnya dari fitur Storage Sense yang telah disediakan pada Windows 10.

Berikut ini langkah aman untuk menghapus folder Windows.old:

  1. Buka Windows Settings.
  2. Klik menu System.

    Klik Menu System

  3. Lalu klik pada menu Storage.

    Klik Menu Storage

  4. Kemudian klik opsi Configure Storage Sense or run it now.

    Klik Opsi Configure Storage Sense

  5. Gulir kebawah dan centang pada bagian Delete previous version of Windows.

    Menghapus Folder Windows.old Secara Aman

  6. Tahap terakhir, klik tombol Clean Now dan tunggu proses penghapusan selesai.

Proses penghapusan biasanya berlangsung cepat, tergantung dari drive yang kamu gunakan. Jika memakai HDD, mungkin butuh waktu sekitar 1 atau 2 menit. Sedangkan jika memakai SSD, itu akan berlangsung sekejap saja.

Folder Windows.old yang dihapus takkan bisa dikembalikan lagi karena sudah terhapus secara permanen untuk menghemat ruang penyimpanan di drive.

(Alternatif) Hapus Folder Windows.old Memakai Disk Clean Up

Sebenarnya ada juga cara lainnya, yaitu menggunakan fitur Disk Clean Up. Namun menurut Saya cara diatas jauh lebih efektif, karena menggunakan Disk Clean Up menurut Saya prosesnya lebih lama, tapi itu cocok diterapkan pada Windows 10 kebawah.

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik kanan pada drive C dan pilih Properties.
  3. Kemudian klik pada tombol Disk Clean Up.
  4. Lalu klik tombol Clean up system files untuk menampilkan file sistem (termasuk folder Windows.old).
  5. Centang pada Previous Windows Installation dan hilangkan centang pada opsi yang lainnya.
  6. Tahap terakhir, klik tombol OK untuk mulai menghapusnya.

Pada saat menekan tombol “OK“, biasanya akan muncul dua kali dialog konfirmasi untuk menghapusnya. Jadi lanjutkan saja dengan menekan opsi “YES“. Setelah itu tunggu sampai prosesnya selesai.

Baca juga: Menghapus pagefile.sys Secara Aman pada PC

Akhir Kata

Jika kamu pengguna Windows 10, Saya lebih menyarankan untuk menggunakan cara utama karena lebih efektif. Sedangkan cara alternatif ini dikhususkan untuk OS Windows 10 kebawah.

Menghapus folder Windows.old sebaiknya dilakukan seminggu/sebulan setelah pembaruan di komputernya untuk memastikan versi yang digunakan sekarang ini benar-benar tidak memiliki kesalahan. Jadi setelah versi Windows diperbarui jangan langsung menghapusnya folder ini.

Mengapa begitu? Karena folder inilah yang nantinya dipakai untuk mengembalikan versi Windows ke versi sebelumnya apabila dirasa versi yang saat ini (habis diperbarui) memiliki kesalahan fatal.

Jadi beri waktu selama seminggu atau sebulan setelah update untuk memastikan versi Windows yang baru benar-benar tidak memiliki kesalahan. Cukup itu saja saran yang bisa Saya berikan, apabila kamu memiliki pertanyaan lainnya, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment