Cara Menggunakan Fitur NFC di Android

Cara Menggunakan Fitur NFC di Android

Pada sebagian ponsel Android tersedia sebuah fitur bernama NFC atau singkatan dari Near Field Communication (Komunikasi Jarak Pendek). Fitur kecil ini memiliki banyak kegunaan lebih dari kamu pikirkan sekarang.

Apabila kamu pernah menggunakan ponsel yang memiliki fitur Infrared, tentu fitur NFC nyaris sama seperti itu. Hanya saja kegunaannya tidak untuk sebagai mengirim file saja. Melainkan banyak hal seperti pengganti kartu kredit untuk membayar di mall, atau berbagi segala hal dari ponsel ke ponsel.

Untuk pertama kalinya memang ribet mengenai cara menggunakannya. Namun tak perlu khawatir, karena disini akan dijelaskan bagaimana cara memakai fitur NFC ini dengan cepat dan paling mudah.

Begini Cara Menggunakan NFC di Android

Sebagai contoh disini Saya ingin mengirim lokasi koordinat dari Maps dari ponsel A ke ponsel B. Kedua ponsel tersebut harus sama-sama memiliki sensor NFC untuk menggunakannya. Dan berikut ini langkahnya.

  1. Pastikan fitur NFC telah diaktifkan pada kedua ponsel
  2. Selanjutnya pada ponsel A, bukalah aplikasi Maps dan tandai suatu lokasi

    Tandai Suatu Lokasi untuk Dikirimkan

  3. Sekarang tempelkan kedua ponsel seperti gambar berikut

    Tempelkan Kedua Ponsel untuk Mengirim Lokasi Melalui NFC

  4. Pada Ponsel A tampilan Maps akan mengecil dan silakan sentuh untuk mengirimkan lokasi

    Sentuh pada Layar untuk Mulai Mengirimkan

  5. Nah setelah itu lokasi telah berhasil dikirimkan ke Ponsel B dalam sekejap, silakan untuk dicek.

    Lokasi Berhasil Dikirimkan Melalui NFC

Diatas hanyalah sebagai contoh untuk mengirimkan lokasi dari aplikasi Maps, sedangkan kamu dapat melakukan banyak hal lainnya seperti mengirim kontak, file, atau lain-lain dengan sangat cepat.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Spesifikasi Lengkap HP Android

Dimana Setelan untuk Mengaktifkan NFC?

Apakah kamu bingung bagaimana cara mengaktifkan fitur NFC? Sebenarnya itu bisa diaktifkan melalui panel notifikasi seperti gambaran berikut ini:

Menghidupkan Fitur NFC dari Panel Notifikasi

Namun jika tidak tersedia di panel notifikasi, silakan menuju Setelan > Konektivitas dan kemudian aktifkan pada bagian NFC. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan Android Beam juga.

Menghidupkan Fitur NFC dari Setelan

Jika kamu sudah mengecek pada bagian Konektivitas dan tidak tersedia fitur NFC, kemungkinan besar ponsel kamu tidak mendukung fiturnya. Untuk mengecek mengenai sensor ini terhadap ponsel, sangat disarankan menggunakan aplikasi NFC Checker.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *