Cara Convert File JAR Menjadi APK Secara Online

APK Archive Logo

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara JAR dan APK, karena sama-sama menggunakan bahasa pemrograman yang sama yaitu Java, dan sistem archive yang tergolong biasa yaitu ZIP. Namun jelas sekal didalam komponennya terdapat perbedaan dan APK hanya dikhususkan untuk operasi Android saja, sedangkan JAR bisa dijalankan pada ponsel Java, PC, maupun sebuah emulator yang berbasis Java. Membuat aplikasi yang sederhana memang terlihat mudah-mudah saja, namun tidak jika sudah mencobanya, karena sebelum membuat sebuah aplikasi Android harus menguasai Java dan beberapa bahasa program lainnya. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu mengejek aplikasi yang sederhana, karena membuatnya memerlukan waktu yang lama jika dilakukan perorangan.

Saat ini banyak sekali orang yang menjual semacam projek selesai untuk aplikasi Android, bisa dalam sebuah game ataupu aplikasi, dengan bantuan projek tersebut seseorang dapat membuat aplikasi lebih mudah atau bisa dikatakan hanya mengedit aplikasi yang sudah jadi. yang paling banyak diminati oleh orang lain adalah sebuah projek game, yang banyak peminatnya, contohnya saja seperti COC. Banyak sekali orang menjual projek sejenis itu dan yang harus dilakukan pembeli hanya membuat server sendiri, mengubah gambar prajurit, dan lain-lain. Tak terbayangkan jika projek yang biasa saja dapat menarik begitu banyak peminat, seperti game Flappy Bird yang sangat sederhana namun banyak yang memainkannya karena sebal tidak bisa mendapatkan nilai yang tingi.

Sama halnya pada ponsel Java, membuat aplikasi yang sederhana tidak sepenuhnya mudah, apalagi seperti aplikasi editor, browser, maupun game harus dilakukan bertahap dan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Jadi disini Saya akan membagikan cara mengubah aplikasi JAR menjadi APK dengan mudah, dengan syarat file java JAR dalam versi MIDP 2.0 yang dimaksudkan untuk pengguna ponsel, selain itu tidak akan bisa. Contohnya jika kamu mempunyai aplikasi java yang sudah lama tidak kamu mainkan tapi ingin sekali memainkannya dalam ponsel Android, kamu bisa mencobanya dengan cara dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan buka peramban/browser dan menuju situs http://www.netmite.com/android/srv/2.0/getapk.php
  2. Pastikan sudah memiliki aplikasi Java (JAR). Jika sudah membuka situs tersebut silahkan upload pada bagian kolom JAR.
  3. Atau jika kamu memiliki URL direct link juga bisa langsung menempel URLnya pada kolom yang paling atas.
  4. Apabila sekiranya sudah, silahkan klik Get APK dan unduhan akan dimulai. Dan coba install apakah bisa atau tidak ?

Aplikasi yang diconvert tadi dapat dimainkan layaknya emulator, dan beberapa aplikasi yang kurang cocok tidak bisa dibuka karena belum menginstall emulator java. Jika kamu belum memilikinya silahkan baca pada ARTIKEL INI. Cara diatas Saya lebih menyarankan untuk memilih JAR saja dibanding JAD karena terkadang JAD tidak memiliki URL JAR yang tepat didalamnya. Dan jika kamu ingin mengubah JAR ke APK lebih baik, silahkan menggunakan emulator saja, sebab dengan menggunakan situs ini tidak bisa mengedit button dan jadi sejenis emulator yang sangat sederhana.

Dari yang Saya ketahui sendiri, hanya situs tersebut yang bisa mengubah JAR menjadi APK, dan saat ini juga masih tidak banyak aplikasi Android yang bisa mengeksekusi aplikasi JAR langsung layaknya emulator canggih, dengan maksud beberapa aplikasi masih tidak bisa diconvert. Jika kamu mencari di Google pasti akan menemukan banyak sekali aplikasi java yang diubah menjadi APK serta kontrol yang baik, mereka menggunakan aplikasi emulator pada artikel yang Saya cantumkan diatas tadi. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

12 comments
  1. Gan saya udah convert banyak bngat game java jar tpi akhir akhirnya gk bisa ada bacaan sperti ini

    Error convert: file upload error

    Hampir smua file game java kesukaan saya stiap di convert selalu gagal tolong solusinya gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.