Cara Menggunakan USB TV Tuner Di PC

USB TV Tuner Gadmei

Beberapa pekan yang lalu Saya membeli produk USB TV Tuner untuk laptop dan untuk pertama kali mencoba Saya bingung gimana supaya bisa dimaininnya dan alhasil setelah Saya coba-coba dan cari sana sini tentang kelebihan dan kekurangan, akhirnya mengerti juga. Dengan alat tersebut, kamu bisa menonton TV pada PC serta mendengarkan radio. Soal kelebihan tentunya ada banyak seperti bisa dibawa kemana-mana layaknya modem, Bisa merekam dalam bentuk video, dan lain-lain. Tidak hanya kelebihan, namun soal kekurangan juga tentu ada dan hal soal kekurangan terbilang sedikit lebih sulit untuk diatasi.

Kekurangan yang ada salah satu ialah tempat, jadi jika tidak diperkotaan, channel yang dapat diterima cukup sedikit, serta kualitas gambar yang kurang jernih jika menggunakan antena bawaan. Jika menggunakan antena besar, tentu channel yang didapat jauh lebih banyak dan gambar yang diterims cukup bagus. Saat ini Saya memakai USB TV Tuner merk Gadmei 380, dan alat tersebut kompatible hingga Windows 7 dan masih tidak berfungsi dengan baik di WIndows 8 (seperti suara hilang). Banyak yang katanya tidak bisa dijalankan pada Windows 7 namun sepertinya untuk 64bit, tapi sudah Saya coba pada 32bit berjalan lancar tanpa ada kesalahan sedikitpun.

Setiap pembelian USB TV Tuner pastinya sudah dilengkapi dengan CD installan yang berisi installan driver dan software. Banyak yang mengeluh karena katanya Gadmei 380 tidak bisa dijalankan pada Windows 7 akibat driver yang tidak cocok, namun Saya coba sendiri tidak ada kesalahan apapun dan saat itu driver Saya juga sudah diupdate. Untuk softwarenya, Gadmei 380 menggunakan TV Home Meidia 3, sebenarnya untuk software, pengguna bisa memakai software TV lain sesuai keinginan, jadi jika Windows 8 tidak bisa mendengarkan suara, itu berarti software dari Gadmei 380 tidak cocok dan harus memakai software TV yang lain. Oke berikut ini tata cara menggunakan USB TV tuner Gadmei silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan PC dan masukan CD dari USB TV Tuner, dan jalankan Autorun. (jangan pasang dulu USB Sticknya)
  2. Lalu silahkan install driver terlebih dahulu, selanjutnya install software TVnya. Sehabis ini silahkan restart komputer supaya driver bisa berjalan normal.
  3. Setelah itu silahkan tancapkan USB Sticknya dan tunggu hingga mendeteksi software TV yang habis diinstall tadi, Jka sudah terdeteksi silahkan buka software TV dan selesai. Selamat menonton TV di PC.

Mudah sekali bukan ? hanya beberapa steps saja untuk menggunakan USB TV Tuner dengan baik dan aman. Seperti yang Saya katakan diatas tadi, Saya menggunakan Gadmei 380 dan jika kamu mempunyai kendala seperti ada hijau-hijau dibawah, atau tidak ada warna (hitam-putih), silahkan ubah menjadi PAL. Ada 3 PAL, silahkan ubah ke salah satu. Mungkin setiap TV Tuner berbeda beda softwarenya dan saat ini yang populer di Indonesia sepertinya hanya merk Gadmei, jika ingin membeli produk TV Tuner dari luar negri silahkan beli dari ebay atau situs jual beli lainnya. Jika ada yang ingi ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

130 comments
  1. misi gan, driver saya kebetulan hilang. boleh minta drivernya ke email. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  2. gan pnya sy kok setingan negara indonesia ngga ada yah
    mohon sulusinya gan
    sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih

  3. Sy sudah instal melalui cd terinstal blaze hdtv.tp pas giliran dibuka ada perintah registrasi dlu.trus ada license code.sy liat license kodeny gmn ya gan.mohon jwban cpt gan…makasih

  4. saya punya usb tuner yang sama dengan agan. saya pakai laptop, windows 8. saya uda scan pake pilihan antena di semua sistem, juga pilih kabel di semua sistem, nemu channel 0 alias ga nemu channel apa-apa, saya pake antena bawaan. pernah pake antena rumah, padahal d tv biasa channel banyak dan bagus kualitasnya, tapi pas d pake d usb tuner ini cuma nemu 9 dan banyak an channel lokal 🙁

  5. Gan saya coba chat beberapa penjual online, katanya tv tunner gadmei tidak bisa di jalannya di pc, cuma bisa di laptop aja, saya jadi ragu mau beli juga soalnya cuma punya pc gak punya laptop

  6. Gan punya ane gadmei jg yang xgaTvbox…cuman pas beli gak ada cd drivernya…trsu pas install di pc lenovo windows 10 gak mau….apa mesti pakecd driver dulu kah?, klo boleh minta tlong dikirm email gan ya

  7. Gan trima kasih udh berhasil ter instal. Tp knpa ya chanelnya gak berwarna alias hitam putih, cara settingnya gmn? Tolong bantu gan

      1. iyha gan, saya juga pake tuner yg sama kayak nya, g tw merk nya apa, g ada tulisan merk nya, ketika mau saya scan siaran, tidak ada pilihan negara indonesia, apa itu g kompatibel dgn negara ini ya gan?
        trus ada pilihan other bandwitch, ( ada tiga, yang 6mb, 7mb, 8 mb) ane pilih tu ketiga2 nya trus scan g dapat juga, ada pencerahan gan biar masalah ane teratasi

        1. Bisa jadi karena faktor antenanya yang kecil gan. Sudah pernah mencoba dengan antena yang ditancapkan di TV ? Karena ditempat Saya dulu pakai antena yang kecil ini gak bisa dapat siaran penuh dan cuma satu channel saja dan itupun sangat buram.

    1. Aq juga punya tv tuner merk. DVB-T+FM+DAB 820T2 gmna cara menggunakan nya driver nya gak kebaca udh dowload blazevideo player jg gak bisa cari channel solusi mas

  8. Maaf gan ikut nimbrung, barang kali untuk TV Tuner “USB2.0Digital DVB-T +FM+DAB 820T2 & SDR” agan punya instalasinya, ga tau merknya apa soalnya yang tertera di usb sticknya seperti itu, cd instalasinya tidak bisa kebaca.
    kalo ada,bisa kirim ke email saya gan di [email protected]
    terima kasih sebelumnya 🙂

  9. Saya baru aja beli gadmei 380, begitu saya tancapkan ternyata usb tv nya masih belum terdeteksi pada win 7 32 bits.
    Boleh diemail driver nya gan

    Thanks

    1. Bisa jadi driver yang tidak dapat terinstall, sepertinya memang tidak mendukung pada PCnya, bisa jadi dikarenakan versi windowsnya dari kebanyakan kasus yang terjadi.

  10. Gan kebetulan ni baru pesen tv tunner , nah stelah baca tulisan agan dan commentnya ada problen yg sma yaitu aq pake nootebook yg ga ada tempat cd nya . Jd kalo boleh bsa kirim file installnya ????
    Makasih sbelumnya ,

      1. kelengkapanya ada remote nya ndak? ini saya benerin pnya adik aku ndak ada remote nya…
        tolong kirimin cd drivernya lewat email ini ya..
        terima kasih

  11. Tolong gan, sy boleh minta di kirim cd drivernya, awalnya cmn hitam putih tampilannya trus sy uninstall tp ktika install lg, drivernya kena virus, kirim ke email yg tertulis ya gan, makasih

    1. Saya masih kurang tahu jika tentang merk mana yang bagus, tapi saat ini Saya sendiri menggunakan gadmei dan itu sudah bagus ditambah harganya yang tidak terlalu mahal.

    1. Masih belum mencoba pada Windows 10, karena pada Windows 8 saja sudah terdapat bug. Lebih baik pada Windows 7 dan kebawahnya. Untuk harganya kisaran 300rban 😀

  12. Gan, punya sya tiba2 tidak bisa menampilkan saluran tv ataupun radio FM. padahal biasanya normal.
    waktu sya instal ulang, saya scan gk ada chanel yg terdeteksi sama sekali.
    sya coba import channel ada keterangan jenis file tidak sesuai, padahal sudah sering sya impor dan normal, baru kali ini gadmei sya mati.
    kira-kira apa penyebabnya ya gan dan bagaimana solusinya ?
    trims.

    1. Bisa dijelaskan lebih detil ? Apakah maksudnya efek dari penggunaan USB TV Tuner pada layar, jawabanya Tidak ada efeknya sama sekali dengan layar, hanya saja jika pada Laptop/notebook harus menggunakan cooling pad supaya USB TV Tuner tidak panas dari lamanya penggunaan.

    1. Sebenarnya, CD yang didapatkan itu sendiri hanya berisi User Guide dan instalasi driver saja. Jadi kamu masih bisa menggunakan USB TV Tuner, namun harus menginstall driver yang ada. Dan untuk mengambil drivernya silahkan copy file di CDnya dari PC lain, lalu taruh di flashdisk.

  13. gan mau tanya,, kebetulan saya pakai gadmei sama kaya agan,, cuma masalahnya ini hanya hitam putih dan saya bingung dimana tombol PAL yg agan maksud, soalnya format frequensi saya sudah PAL?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.