≡ Menu

Trik Menggunakan WiFi dan Data Seluler Secara Bersamaan di Android

Trik Menggunakan WiFi dan Data Seluler Secara Bersamaan di Android

Ada dua cara untuk bisa terhubung ke internet di ponsel Android. Yang pertama adalah melalui Data Seluler, dan yang kedua adalah menggunakan WiFi. Tapi pernahkah kamu memikirkan untuk menggunakan kedua jaringan tersebut secara bersamaan?

Mungkin terdengar mustahil untuk dilakukan, akan tetapi hal itu memang bisa lho. Dan pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri ketika kamu melakukannya. Tetapi fitur ini tidak tersedia untuk seluruh versi Android, dan hanya bisa dinikmati mulai dari Android 9 (Pie) keatas.

Kinerjanya tidaklah menggabungkan koneksi antara WiFi dan Data Seluler, melainkan akan memilih salah satu dari itu. Sehingga misalnya WiFi tidak memiliki akses internet, maka secara otomatis akan dialihkan ke data seluler dengan cepat.

Trik Mengaktifkan WiFi dan Data Seluler Bersamaan

Menghidupkan WiFi atau Data Seluler secara manual kadang berlangsung lama, hingga memakan waktu beberapa detik. Tapi dengan mengaktifkan keduanya, kamu bisa beralih dengan cepat tanpa harus menunggu lagi.

Oh iya, fitur ini tersembunyi di ponsel Android. Jadi kamu harus mengaktifkan Developer Mode terlebih dahulu untuk bisa mulai mengikuti cara dibawah ini. Silakan baca terlebih dahulu artikel Cara Mengakifkan Developer Mode Di Android 4.0 Keatas

Jika Developer Mode sudah diaktifkan, silakan ikuti caranya dibawah ini:

  1. Masuk ke Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk menu Pilihan Pengembang atau Developer Mode.

    Ketuk Menu Pilihan Pengembang

  3. Gulir lagi kebawah dan aktifkan pada opsi Kuota Selalu Aktif.

    Aktifkan pada Kuota Selalu Aktif

  4. Sekarang cobalah hidupkan WiFi dan Data Seluler, pasti keduanya dapat digunakan bersamaan.

    Menggunakan WiFi dan Data Seluler Secara Bersamaan

Kini beralih jaringan dari WiFi ke Data Seluler atau sebaliknya akan sangat cepat dan tidak perlu menunggu lama lagi. Sangat cocok saat bermain game, untuk memilih jaringan yang stabil dan cepat.

Baca juga: HP Tidak Bisa Konek WiFi? Begini 5 Solusinya

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dua Jaringan Bersamaan

Singkatnya, kelebihan dari menggunakan dua jaringan secara bersamaan adalah dapat beralih koneksi internet secara cepat, jadi ketika salah satu jaringan dinonaktifkan, maka sistem akan langsung menggunakan jaringan satunya yang masih hidup.

Sementara kekurangannya adalah pengguna tidak bisa membedakan apakah saat ini sedang memakai WiFi atau Data Seluler kecuali memakai aplikasi bantuan, semacam speed meter. Selain itu, mengaktifkan dua jaringan secara bersamaan juga berdampak pada daya baterai yang sedikit boros.

Untuk itu, silakan pikirkan terlebih dahulu untuk mengaktifkan fitur ini. Atau kamu juga dapat mengaktifkannya hanya ketika sedang bermain game online saja, itu sepadan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment