≡ Menu

Cara Mudah Membuat Form Kontak di WordPress

Cara Mudah Membuat Form Kontak di WordPress

Hampir semua website memiliki formulir kontak yang berguna untuk berkomunikasi dengan para pengunjung melalui email. Jadi para pengunjung website yang sekiranya membutuhkan bantuan, ataupun ingin bekerja sama dapat menghubungi langsung dari formulir kontak tersebut.

Membuat formulir kontak di situs WordPress dapat dilakukan sangat mudah dengan bantuan plugin. Memungkinkan seorang admin dapat mengkustomisasi tampilan, respon, dan lain sebagainya ketika ada pengunjung yang ingin mengirimkan pesan.

Saat ini ada puluhan plugin yang tersedia gratis untuk membuat formulir kontak, akan tetapi yang paling populer adalah plugin Contact Form 7 yang dibuat oleh Takayuki Miyoshi. Itu karena plugin tersebut sangat mudah untuk diterapkan, dan tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikannya.

Tutorial Membuat Formulir Kontak di WordPress

Pada artikel ini, kamu akan mempelajari cara cepat dan sederhana dalam membuat formulir kontak untuk situs WordPress. Kemungkinan besar hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dan formulir tersebut sudah siap untuk digunakan.

Langsung saja, silakan simak tutorialnya dibawah ini:

  1. Silakan masuk ke Halaman Admin (Dasbor).
  2. Kemudian pasang dan aktifkan plugin bernama Contact Form 7.

    Mengaktifkan Plugin Contact Form 7

  3. Selanjutnya sorot menu Contact, dan klik pada Add New.

    Klik Add New

  4. Disini kamu bisa menyesuaikan formulir sesuai yang diharapkan. Terdapat tab Mail dan Messages yang perlu untuk diubah.

    Membuat Form Kontak di WordPress

  5. Jika sekiranya sudah selesai, klik tombol Save.

    Menyimpan Formulir

  6. Akan muncul kode dibawah judul, silakan salin terlebih dahulu.

    Salin Kode Formulir

  7. Sekarang yang kamu perlukan adalah halaman kontak untuk pengunjung. Jadi silakan buat halaman baru.

    Buat Halaman Baru

  8. Silakan tempel atau paste kode yang disalin tadi pada konten halaman tersebut.

    Tempel Kode Formulir

  9. Selesai, formulir kontak berhasil dibuat.

    Form Kontak Berhasil Dibuat

Setelah formulirnya berhasil dibuat, kamu juga masih bisa menyesuaikan ulang apabila dirasa tampilannya kurang sesuai. Dan sebenarnya tak hanya bisa dipasang di konten halaman saja, tapi kamu juga bisa memasang formulir tersebut dimana saja, misalnya dijadikan widget di footer atau bahkan pada suatu artikel.

Tambah Captcha pada Formulir Kontak

Aktivitas robot memang sangat meresahkan, karena tujuan utamanya adalah melakukan spam. Untuk itu, cara menghindarinya adalah dengan memasang kode captcha pada formulir. Dan syukurnya plugin Contact Form 7 ini sudah bisa berinteraksi dengan beberapa plugin captcha populer, salah satunya adalah reCaptcha.

Silakan pasang dan aktifkan plugin reCaptcha for Contact Form 7, dan kemudian ikuti intruksi yang diberikan untuk mulai mengaktifkannya pada formulir. Dan apabila kamu merasa kode captcha itu masih kurang untuk terhindar dari spam, silakan tambah plugin Akismet, itu merupakan alat pemblokir spam terbaik sampai sekarang.

Baca juga: Cara Menambah dan Mengubah Tema di WordPress

Akhir Kata

Dari sini, pasti kamu telah berhasil membuat form kontak pada website. Selain mudah, kamu juga dapat mengkustomisasi formulir tersebut supaya serasi dengan situs webnya. Dan secara default bahasa responnya adalah Inggris, jadi silakan ubah secara manual pada tab Messages supaya pengunjung nantinya mengerti.

Bahkan Contact Form 7 juga banyak sekali digunakan pada suatu tema. Jadi contohnya ketika kamu membeli tema, tidak perlu lagi membuat form kontak, dan cukup memasang plugin ini dan setelah itu formulir langsung dibuatkan otomatis.

Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai tutorial diatas, ada baiknya untuk mengatakan itu di kolom komentar untuk segera mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment