≡ Menu

3 Cara Melihat Source Code Halaman Website

Seluruh browser pada dasarnya memiliki fitur untuk melihat source code terhadap website. Tentu itu sangat berguna sekali untuk para developer guna untuk mengecek kesalahan ketika mendesain atau membangun situs web tersebut.

Tak hanya untuk keperluan web developer saja, bahkan adapun seseorang yang melakukan source code terhadap website hanya untuk mengambil informasi, sebagai contohnya adalah mengambil kode CSS untuk meniru tampilan web itu.

Di artikel ini, kamu akan mempelajari beberapa cara untuk melihat source code terhadap segala website. Tak hanya melalui browser saja lho, bahkan ada cara alternatif apabila sekiranya browser tersebut tak dapat melakukannya.

1. Melalui Fitur View Source Code Bawaan Browser

Semua browser dapat melakukan hal ini dengan cara yang sama. Yaitu cukup klik kanan pada mouse, dan setelah itu klik pada opsi View Source Code. Nantinya tab baru akan terbuka dan menampilkan hasil source code terhadap halaman website yang dibuka tadi.

Melihat Source Code Halaman Website dengan Browser

Masih dengan fungsional yang sama, kamu juga bisa melakukannya secara manual dengan mengetikkan perintah view-source: pada sebelum URL. Jadi contohnya seperti dibawah ini.

view-source:http://alamatwebsite.tld/
Source Code Secara Manual

2. Menggunakan Fitur Inspect Element

Pada kebanyakan browser populer pasti memiliki fitur ini yang sebenarnya ditujukan untuk web developer. Jadi Inspect Element akan menampilkan source code website secara rinci, dan bahkan hasil atau output dari Javascript pun juga akan ditampilkan.

Caranya masih sama, yakni kamu hanya perlu klik kanan pada mouse dan setelah itu memilih opsi Inspect Element. Dan suatu dialog akan muncul pada layar, dan silakan gulir ke menu Elements atau Inspector untuk melihat source code.

Menggunakan Fitur Inspect Element di Browser

Tak hanya source code saja yang dapat dilihat dengan cara ini, tapi panggilan XHR pun juga dapat ditangkap dan dilihat secara rinci dari informasi header dan juga request.

Baca juga: Cara Cek Kecepatan Website Secara Akurat

3. Memakai Layanan Source Code Viewer

Cara ketiga ini bisa dijadikan sebagai alternatif apabila cara pertama dan kedua tidak berhasil. Sebagai contohnya website tersebut memblokir aktivitas klik kanan yang mengakibatkan seseorang kesusahan ingin melihat source codenya.

Silakan menuju situs web View Page Source, dan kemudian tuliskan URL halaman website yang ingin dilihat kodenya. Nantinya source code website tersebut akan ditampilkan, dan kamu bisa menyalin itu ke notepad supaya mudah untuk dialihkan.

Melihat Source Code Melalui Layanan Situs

Hasil source code dari cara ketiga ini bisa saja berbeda lho, itu karena pengecekkan website tersebut dilakukan dengan server website tersebut, alias tidak langsung dari browser yang kita gunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment