≡ Menu

Cara Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Avast

Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Avast

Program Antivirus sangat dibutuhkan untuk melindungi komputer dari sesuatu yang berbahaya, khususnya file yang diunduh di internet. Karena terkadang suatu file yang diunduh pada situs web yang kurang terpercaya dapat mengakibatkan resiko tinggi terhadap komputer.

Tapi adapun file yang dianggap sebagai virus, walau secara keseluruhan itu tidak bertindak jahat. Seperti contohnya adalah Injector yang berfungsi untuk melakukan inject ke suatu program hanya untuk sekedar testing.

Singkatnya, Avast akan langsung meng-karantina file yang dianggap virus. Sehingga file tersebut takkan dapat diakses dengan cara apapaun karena sudah masuk pada penjara yang disediakan oleh Avast. Namun kamu masih dapat menambah pengecualian terhadap file atau folder tersebut supaya tidak lagi dianggap sebagai virus.

Tambah Pengecualian File Melalui Karantina Avast

Jadi untuk menambah pengecualian itu tidak hanya satu cara saja, melainkan ada beberapa cara. Seperti contohnya adalah file yang sudah terlanjur masuk ke karantina, atau saat ini bernama Virus Chest. Jika sudah masuk disana, kamu hanya perlu melepaskannya dan berikut ini caranya.

  1. Klik kanan pada ikon Avast di Toolbar.
  2. Dan pilih menu Virus Chest.

    Menuju Virus Chest

  3. Tandai file yang ingin dikeluarkan.

    Tandai File

  4. Kemudian pilih tombol More (titik tiga), dan lanjutkan klik Restore and Add Exception.

    Menambah Pengecualian File Melalui Karantina Avast

Mulai sekarang file tersebut akan kembali ke direktori asalnya dan takkan lagi disebut sebagai virus oleh Avast. Kecuali jika kamu memindahkan direktori file tersebut, maka memungkinkan file itu akan terdeteksi sebagai virus lagi.

Itu dikarenakan pengecualian yang dilakukan oleh Avast hanya merujuk pada direktori tetap dimana file itu berada.

Baca juga: Cara Mematikan Antivirus Avast pada PC

Menambah Pengecualian File dan Situs Web Secara Manual

Jika cara diatas melakukannya secara otomatis langsung dari bagian karantina. Namun kamu sebenarnya juga bisa menambah pengecualian file secara manual melalui pengaturan Avast, dan tak hanya file saja, tapi juga situs web.

Tutorial dibawah ini adalah cara untuk menambahkan pengecualian file atau folder di Avast, silakan simak dan ikuti dengan baik.

  1. Buka program Avast.
  2. Klik tombol Menu.

    Klik Tombol Menu Avast

  3. Pilih Settings.

    Pilih Settings

  4. Dibagian General, klik menu Exceptions.

    Klik Menu Exceptions

  5. Klik tombol ADD EXCEPTION.

    Mulai Menambahkan Pengecualian File di Avast

  6. Klik tombol BROWSE untuk memilih direktori letak file, dan setelah itu klik lagi tombol ADD EXCEPTION untuk menambahkannya.

    Menambah Pengecualian File dan Situs Web di Avast Antivirus

Selain file, kamu juga bisa memilih langsung suatu direktori/folder. Sehingga direktori tersebut takkan lagi dipindai oleh Antivirus Avast. Dan untuk menambahkan pengecualian website juga sama saja, cukup menuliskan alamat situs web pada kolom yang tersedia.

Dan sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan kode wildcard atau tanda asterik untuk memudahkan dalam pengecualian file ganda atau situs web. Contohnya seperti dibawah ini.

Misalnya kamu ingin memberi pengecualian untuk situs web domain.tld, maka akan lebih baik untuk menuliskan seperti format berikut:

*.domain.tld/*

Sehingga seluruh sub-domain dan juga path apapun pada website tersebut tidak akan dipindai lagi oleh Avast. Dan kode wildcard tersebut juga berlaku untuk file atau folder.

Misalnya kamu hanya ingin memberi pengecualian file yang memiliki nama depan paijo, jadi contoh formatnya seperti ini:

C:\ContohFolder\paijo*

Mulai sekarang nama file atau folder yang ber-awalan paijo tidak akan dipindai lagi oleh Avast. Direktori dan nama tersebut hanyalah sebagai contoh saja, jadi silakan ubah sesuai keperluan. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai pengecualian file dan situs web di Avast, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment