≡ Menu

Mengecek Status Kesehatan Baterai pada Laptop

Mengecek Status Kesehatan Baterai pada Laptop

Setiap baterai tidak di-desain untuk bertahan selamanya, pasti akan ada waktunya baterai itu kehilangan daya yang memungkinkan terjadinya drop seiring berjalannya waktu. Rata-rata adalah 1 atau 2 tahun daya baterai akan menurun, dan itu merupakan hal yang normal.

Cek kesehatan baterai pada laptop sebenarnya bisa dilakukan dengan membandingkan tingkat persentase terhadap baterai tersebut, dan mengetahui seberapa lama perangkat dapat hidup sampai baterai benar-benar menipis.

Tapi pada dasarnya di Windows 10 telah disediakan fitur khusus yang dapat memberitahumu tingkat kesehatan baterai dari masa ke masa yang mana statistiknya terbilang lengkap. Dan pada artikel ini akan dijelaskan bagaiamana cara mengeceknya.

Cek Kesehatan Baterai Laptop Secara Rinci

  1. Tekan tombol WINDOWS+R pada keyboard.
  2. Ketik powershell dan klik ENTER.

    Ketik Powershell

  3. Selanjutnya masukkan perintah dibawah ini:

    powercfg /batteryreport

    Mengecek Kesehatan Baterai pada Laptop

  4. Tekan ENTER dan statistik baterai telah dibuat.

Kamu bisa mengecek statistik baterai pada direktori C:\User\NamaPC\battery-report.html. Silakan buka file tersebut menggunakan browser untuk menampilkan statistik keseluruhan.

Letak Kesehatan Baterai

Untuk mengetahui letak kesehatan baterai, itu tersedia pada bagian Installed Batteries. Disana akan ditampilkan Design Capacity dan Full Charge Capacity yang menampilkan perbedaan daya dari awal kali pemakaian laptop hingga saat ini.

Letak Kesehatan Baterai Laptop

Kamu bisa melihat pada Full Charge Capacity dan itu merupakan daya baterai kamu sekarang ini. Mungkin terdapat penurunan yang besar atau kecil, itu tergantung dari pemakaian laptop. Namun jika perbandingannya terlalu jauh, maka baterai sudah waktunya untuk diganti.

Baca juga: 5 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Mengecek Estimasi Masa Pakai Baterai

Pada bagian Battery Life Estimates, tepatnya disisi paling bawah adalah perhitungan oleh sistem terhadap masa pakai baterai. Sama seperti diatas, kamu bisa melihat status baterai saat ini pada bagian Full Charge Capacity.

Mengecek Estimasi Masa Pakai Baterai

Pada contoh gambar diatas, Design Capacity laptop adalah sekitar 2 jam, dan sekarang menurun 20 menit. Untuk beberapa laptop, adapula yang bisa bertahan sampai 3 atau 4 jam, namun seiring berjalannya waktu, masa pakai baterai juga akan menurun. Jika pun menurun sangat drastis, itu adalah saatnya untuk membeli baterai yang baru.

Masih ada statistik lainnya yang dapat kamu cek seperti penggunaan baterai, atau melihat riwayat battery capacity. Menurut Saya itu sudah cukup lengkap untuk menunjukkan laporan baterai di laptop, dan apabila kamu memiliki kendala saat melakukan tutorial diatas, silakan tanyakan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • ananda Februari 15, 2020, 6:24 am

    sudah saya coba cek dan ternyata batery laptop ku punya masa gak lama lagi, kerasa kalu batery sering cepat habis.

Leave a Comment