≡ Menu

Cara Mengubah Gaya Pointer Mouse pada PC

Cara Mengubah Gaya Pointer Mouse pada PC

Pernahkah kamu melihat tampilan atau gaya pointer mouse di komputer lain berbeda dari normalnya? Entah itu dari sisi warna atau bentuknya, dan kamu pun juga bisa mengubahnya seperti itu, dan bahkan dapat memilih banyak jenis gaya yang tersedia.

Windows menyediakan fitur untuk mengubah tampilan pointer mouse sehingga kamu tidak bosan saat menggunakan komputer. Tampilan itu bisa dicari di internet, banyak yang menyediakannya secara gratis, dan proses pemasangannya pun juga mudah.

Layaknya memasang font, pemasangan gaya pointer mouse dapat dilakukan dalam waktu sekejap. Jadi sekarang silakan cari di internet terlebih dahulu gaya pointer yang disukai. Jika sudah menyediakannya, silakan simak artikel ini untuk melanjutkan proses pemasangannya.

Memasang Gaya Pointer Mouse

Sebelum mengubahnya, kamu harus memasangnya terlebih dahulu. Ini tidak ribet karena para pembuat gaya pointer mouse ini sudah menyediakan file khusus untuk menginstal dengan sekali klik saja.

Jika kamu mengunduh dalam format ZIP atau RAR, silakan extract terlebih dahulu. Dan setelah itu cari file bernama install.inf silakan klik kanan dan pilih Install.

Memasang Gaya Pointer Mouse

Proses instalasi hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Dan apabila proses pemasangannya sudah selesai, lanjut ke tutorial berikutnya untuk mulai mengubahnya.

Mengubah Gaya Pointer Mouse

  1. Klik START dan menuju Settings.
  2. Kemudian silakan masuk ke menu Device > Mouse.

    Menuju menu Mouse

  3. Lalu klik opsi Additional Mouse Option.

    Klik Additional Mouse Option

  4. Akan muncul jendela baru, silakan menuju tab Pointers.

    Menuju Tab Pointers

  5. Pada bagian Scheme, pilih pointer mouse yang di-instal tadi.

    Mengubah Gaya Pointer Mouse di PC

  6. Jika sudah ketemu, klik tombol Apply dan lanjutkan klik tombol OK.

    Proses Mengubah Gaya Mouse Pointer

Gaya pointer kini akan langsung berubah, bahkan kamu tidak perlu me-restart komputer. Dan sebenarnya memasang pointer mouse juga dapat dilakukan secara manual, namun itu akan membutuhkan waktu yang lama, disebabkan karena harus memilih gambar satu per satu.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Mouse pada Komputer

Kesimpulan

Ada banyak sekali tampilan mouse pointer di internet, baik itu yang gratis ataupun yang berbayar. Kamu bisa memilih dan memasang beberapa dari itu untuk digunakan di lain waktu. Dan bahkan kamu juga bisa menghapusnya apabila merasa tidak tertarik lagi dan ingin mencoba tampilan yang lainnya.

Tutorial diatas dijelaskan melalui Windows 10, jadi bagi pengguna OS Windows dibawahnya, kemungkinan akan terdapat perbedaan menu ketika mengubahnya. Namun yang pasti, untuk mengubah gaya pointer mouse, dapat ditemukan pada Mouse Properties yang dapat dicari di Search/START.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment