≡ Menu

Solusi Gagal Update Aplikasi di Play Store

Solusi Gagal Update Aplikasi di Play Store

Memperbarui aplikasi adalah hal yang patut untuk dilakukan guna untuk tetap mendapatkan pengalaman yang baik saat menggunakan aplikasi. Setiap pembaruan biasanya mencakup pada beberapa hal, baik itu perbaikan aplikasi atau penambahan fitur didalamnya.

Kebanyakan dari sebuah pembaruan kadang juga merujuk pada keamanan aplikasi itu sendiri, jadi intinya sangat penting untuk meng-update aplikasi setidaknya satu minggu sekali untuk membuat kinerja aplikasi tersebut tetap normal dan tidak bermasalah.

Adapun kendala yang mungkin terjadi saat hendak memperbarui suatu aplikasi di Play Store. Sehingga setiap kali mencoba memperbaruinya, pasti akan gagal dan muncul suatu notif berupa kode atau lain sebagainya.

Penyebab Gagal Memperbarui Aplikasi pada Play Store

Setiap masalah pasti terdapat penyebab., dan saat gagal memperbarui aplikasi pun biasanya akan muncul dialog popup pada layar. Tentunya akan mudah bagi pengguna untuk mengatasinya apabila tahu pasti penyebabnya.

Dan berikut ini beberapa penyebab yang kerap muncul:

  • Kapasitas penyimpanan/memori penuh
  • Koneksi tidak stabil
  • Kesalahan sistem

Mengatasi Gagal Update Aplikasi

Ada beberapa solusi yang akan diberikan disini, dan kamu bisa mengikuti salah satu solusi sesuai dialog yang muncul saat gagal memperbarui suatu aplikasi. Tapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba keseluruhan solusi dibawah ini, karena semua aman untuk dilakukan tanpa adanya resiko.

1. Hapus Berkas Sesampahan pada Ponsel

Satu hal yang sangat sering terjadi adalah munculnya notif kapasitas memori penuh. Jika kamu merasa kapasitas di kartu memori (SD Card) masih tersisa banyak, itu tandanya kapasitas yang dimaksudkan oleh Play Store adalah penyimpanan telepon.

Jadi solusinya adalah menghapus berkas sampah pada penyimpanan telepon. Walau biasanya terdapat fitur untuk menghapus sampah pada Pengaturan Penyimpanan, akan tetapi itu masih kurang. Untuk itu sangat disarankan menggunakan bantuan aplikasi Ccleaner atau Clean Master.

Dan hapus juga aplikasi atau game yang dirasa tidak sering untuk digunakan, karena data aplikasi itu yang biasanya menyimpan file cukup besar yang membuat kapasitas penyimpanan menurun.

2. Restart Koneksi Internet

Koneksi yang sering terputus akan mengganggu proses download berlangsung, seperti halnya ketika memakai WiFi dan setelah itu koneksi tiba-tiba ada yang memotong, tentu itu akan berpengaruh terhadap proses update yang kamu lakukan di Play Store.

Silakan me-restart modem WiFi yang digunakan. Atau jika sekarang sedang memakai koneksi data seluler, silakan hidupkan mode pesawat dan kemudian matikan, lalu cobalah untuk memperbarui lagi.

Me-restart jaringan juga termasuk mengubah alamat IP, sehingga jika terdapat konflik terhadap alamat IP sebelumnya, maka dengan merestart jaringan pastinya bisa mengatasi masalahnya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

3. Hapus Data Aplikasi Play Store

Siapa sangka masalah yang kamu alami adalah akibat galat dari aplikasi Play Store itu sendiri. Tapi jika itu terjadi, cara mengatasinya pun cukup mudah, yakni hanya perlu menghapus data saja.

Untuk melakukannya, silakan menuju Pengaturan Aplikasi dan cari aplikasi play Store, kemudian tekan tombol Hapus Data. Namun jika sekiranya aplikasi Play Store tidak muncul, silakan pilih pada opsi Tampilkan Aplikasi Sistem pada Pengaturan Aplikasi.

Menghapus data Play Store adalah cara yang aman, ini tidak akan berpengaruh terhadap aplikasi lainnya.

4. Memperbarui Melalui Situs Web

Ini merupakan cara alternatif apabila semua solusi diatas tidak berhasil. Jadi sebenarnya kamu bisa memperbarui aplikasi melalui situs web, tapi kamu juga harus pintar dalam memilih situs web penyedia aplikasi.

Disini Saya menyarankan untuk mengunduh aplikasi melalui situs terpercaya sejenis ApkMirror atau ApkPure. Kedua situs tersebut membagikan aplikasi terbaru dengan cukup cepat. Dan setelah mengunduhnya, silakan instal update aplikasinya.

Mungkin kamu juga harus mengaktifkan fitur pasang aplikasi dari sumber tidak dikenal pada Pengaturan untuk bisa melanjutkan proses instalasi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment