≡ Menu

Cara Screenshot Panjang di Semua HP Android

Di seluruh ponsel Android, melakukan screenshot dapat dilakukan dengan mudah dengan kombinasi tombol power dan juga volume. Namun disebagian ponsel dapat melakukan screnshot panjang yang berguna untuk menangkap layar dari atas sampai kebawah dalam satu gambar saja.

Melakukan screenshot panjang lebih sering diterapkan seseorang ketika dia ingin menyimpan suatu konten pada website. Sebagai contohnya adalah artikel. Karena jika melakukan screenshot seperti biasa, pastinya keseluruhan artikel tidak akan terbaca.

Tak hanya itu, melakukan screenshot panjang juga dapat digunakan untuk menyimpan suatu bukti dalam satu gambar saja. Misalnya konversasi di aplikasi chatting, dimana kamu harus skroll kebawah untuk mengambil gambar. Dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengambil screenshot panjang di seluruh ponsel Android.

Tutorial Mengambil Screenshot Panjang di Android

Guna untuk membuat cara ini berfungsi untuk semua ponsel Android, maka diperlukan aplikasi tambahan bernama LongShot. Silakan unduh dan pasang terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Play Store. Dan jika sudah memasangnya, ikuti cara penggunaanya dibawah ini.

  1. Buka aplikasi LongShot.
  2. Aktifkan fitur Auto Scroll.

    Mengaktifkan Fitur Auto Scroll

  3. Setelah itu ketuk tombol Capture disampingnya untuk mulai menangkap layar.

    Mengambil Screenshot Panjang di Android

  4. Akan muncul dialog perizinan, silakan ketuk Mulai Sekarang.

    Izinkan Akses untuk LongShot

  5. Setelah itu dialog popup akan muncul pada layar. Sekarang silakan menuju halaman yang akan di-screenshot.
  6. Klik tombol Mulai dan tunggu prosesnya selesai.

    Mulai Screenshot Panjang dengan LongShot

  7. Jika sudah selesai, maka akan muncul hasilnya, dan tahap terakhir adalah menekan opsi Simpan.

    Screenshot Panjang Telah Berhasil diambil

Gambar yang tersimpan dapat langsung dilihat melalui Galeri. Secara default, kualitas gambar diatur sebagai 100%, dimana tidak ada kompressi sama sekali dan tentunya detail tulisan pada gambar dapat terbaca dengan baik saat di-zoom.

Kamu tidak harus menunggu proses menangkap layar selesai. Karena kamu bisa menghentikannya dengan mengetuk pada bagian merah yang tampil pada layar. Jadi setelah merasa cukup untuk mengambil screenshot, kamu dapat menekan bagian merah itu untuk mengakhirinya dan langsung melihat hasilnya.

Solusi Fitur Auto Scroll Tidak Aktif

Sebenarnya penggunaan aplikasi ini sangat sederhana, hanya saja awal kali menggunakannya yang sedikit ribet. Dan fitur auto scroll yang terdapat pada aplikasi berperan penting untuk mengambil gambar layar dengan rapi.

Jadi saat kamu memberi centang pada fitur Auto Scroll pada aplikasi LongShot, maka akan dialihkan ke Pengaturan Aksesibilitas. Pada bagian ini, silakan cari aplikasi LongShot dan aktifkan.

Mengaktifkan Aksesibilitas untuk Aplikasi LongShot

Sekarang fitur Auto Scroll pasti sudah aktif saat kamu kembali ke aplikasi.

Baca juga: Solusi Tidak Bisa Mengambil Screenshot di Android

Kesimpulan

Aplikasi LongShot memiliki kemampuan hanya untuk menangkap screenshot panjang saja. Jadi jangan berharap lebih dari itu. Dan rating aplikasi ini pada Play Store kurang lebihnya adalah 4.0, dan memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu 5 MB saja.

Kebanyakan ulasan buruk pada halaman aplikasi adalah dari pengguna yang tidak tahu cara menggunakan aplikasi ini dengan benar. Justru menurut Saya aplikasi LongShot sudah sangat sempurna untuk pengambilan screenshot panjang tanpa mengurangi kualitas sedikitpun.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment