≡ Menu

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui PowerShell

PowerShell memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan Command Prompt (CMD). Nyaris sama-sama dapat mengatur sistem, akan tetapi lebih luas dan perintahnya pun juga sangat berbeda.

PowerShell lebih ditujukan untuk para IT profesional dalam mengelola sistem dan juga aplikasi yang berjalan pada Windows. Hampir segala hal pada setelan komputer dapat diatur melalui PowerShell, salah satunya menonaktifkan antivirus sekalipun.

Setiap operasi sistem Windows selalu dibekali dengan program antivirus bernama Windows Defender, berguna untuk mencegah ancaman, khususnya dari berkas yang diunduh dari internet. Dan tentunya Windows Defender dapat dimatikan dengan mudah melalui PowerShell.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui PowerShell

Mematikan Windows PowerShell Melalui PowerShell

Pada tutorial ini akan dijelaskan sedikit perintah untuk menonaktifkan Windows Defender, tepatnya pada fitur Real Time Monitoring, dan untuk melakukannya, harus melalui perizinan administrator. Berikut ini cara lengkapnya.

  1. Klik Search dan ketik Powershell.
  2. Lalu klik kanan pada Windows PowerShell dan pilih Run as Administrator.
  3. Kemudian masukkan perintah dibawah ini dan tekan ENTER.

    Set-MpPreference -DisableRealtimeMonitoring $true
  4. Selesai, kini Windows Defender telah berhasil dinonaktifkan.

Silakan cek pada fitur Real Time Monitoring pada Windows Defender, pasti kini tidak akan aktif dan seluruh program yang sebelumnya terdeteksi sebagai ancaman, akan dapat digunakan dengan normal.

Sementara itu fitur lainnya di Windows Defender akan masih tetap aktif, dan itu tidak masalah karena satu fitur inti yang paling berguna dalam memindai file terhadap virus adalah real time monitoring saja.

Bagaimana Jika Windows Defender Tetap Aktif?

Perintah yang dibagikan diatas lebih dikhususkan untuk Windows 10, jadi kemungkinan besar tidak akan cocok dengan versi Windows dibawahnya. Tapi apabila saat ini kamu menggunakan Windows 10, maka silakan cek lagi perintahnya.

Dan jangan lupakan untuk menjalankan PowerShell dalam perizinan Administrator. Sebab untuk mengelola sistem komputer, PowerShell harus berjalan dalam mode admin. Jika dijalankan pada mode user, maka akan muncul pesan error berwarna merah.

Baca juga: Tutorial Mematikan Windows Firewall di Komputer

Mengaktifkan Kembali Windows Defender Melalui PowerShell

Hanya perlu mengganti sedikit hal saja dari perintah diatas untuk bisa mengaktifkan Windows Defender lagi. Berikut ini perintah untuk mengaktifkannya:

Set-MpPreference -DisableRealtimeMonitoring $false

Dan jangan lupa untuk menjalankan perintah diatas pada mode admin supaya berhasil. Jika pun kamu ingin cara termudah untuk menonaktifkan atau mengaktifkan Windows Defender, silakan buat perintah diatas sebagai shortcut powershell.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment