≡ Menu

Cara Mengetahui Judul Lagu yang Sedang Diputar

Cara Mengetahui Judul Lagu yang Sedang Diputar

Terkadang kita lupa atau bahkan tidak tahu tentang judul lagu yang sedang didengar saat ini. Beberapa orang mungkin akan bertanya kepada seseorang atau teman untuk bisa mengetahui judul lagunya, tapi bagaimana jika tidak ada seseorang pun yang tahu tentang judul lagu itu?

Tenang, masih ada cara lain kok untuk bisa mengetahuinya dan itu tergolong super praktis. Dan tentu kamu akan bertanya kepada sesuatu, dan sesuatu itu mengetahui hampir seluruh lagu yang ada sekarang ini.

Dan sesuatu itu adalah Asisten Google. Jadi dengan bantuan alat tersebut, kamu bisa mengetahui judul lagu dengan mudah dan cepat layaknya bertanya kepada seseorang. Dan pada artikel ini akan dibagikan bagaimana cara menggunakan Google Asisten untuk mengetahui judul lagu.

Cara Cepat Mengetahui Judul lagu yang Diputar

Ini bukan sebuah trik, melainkan kita akan menggunakan fitur pengenalan musik yang telah disediakan oleh Google. Jadi fungsionalnya menggunakan recording untuk merekam cuplikan lagu dan setelah itu sistem akan mendeteksi lagunya dan memunculkan judulnya.

  1. Buka Asisten Google. Atau bisa juga memanggilnya dengan ucapan “OK Google“.
  2. Setelah itu katakan, “Apa judul lagu ini“.

    Bertanya Judul Lagu ke Google Asisten

  3. Maka sistem akan mulai melakukan recording.

    Sistem Google Menganalisa Lagu

  4. Tunggu sebentar dan nantinya judul lagu akan ditampilkan pada layar.

    Mengetahui Judul Lagu yang Sedang Diputar

Sederhana sekali bukan? Tapi ada sedikit kekurangan dari fitur tersebut, yaitu tidak mendukung semua jenis lagu. Jadi misalnya kamu ingin tahu judul lagu yang mana dinyayikan oleh orang lain, mungkin itu tidak akan terdeteksi.

Tapi semakin berkembangnya teknologi, suatu saat sistemnya pasti akan mengenali semua lagu. Dan jika lagu tersebut telah tersedia sebelumnya di Youtube, bisa jadi Google akan lebih mudah dalam mengenalinya.

Baca juga: Cara Mendownload Lagu di Internet Paling Mudah

(Khusus Samsung) Mengenali Judul Lagu dengan Bixby

Selain Google Asisten, di ponsel Samsung pun juga memiliki asisten bernama Bixby. Juga bisa dipakai untuk mendeteksi judul lagu dengan baik layaknya Google Asisten, namun untuk menggunakannya, kamu harus menggunakan Bahasa Inggris.

Jadi silakan panggil “Hi Bixby” atau tekan tombol Bixby pada ponsel, dan katakan “What song is this“. Kemudian tunggu sistem merekam lagunya sebentar. Dan nantinya akan muncul judul lagu itu di layar.

Mengetahui Judul Lagu dengan Bixby Assistant

Sama seperti Google Asisten, proses analisa lagu hanya berlangsung sekejap saja. Jadi antara kedua cara diatas, kamu dapat memilih mana yang dirasa mudah untuk mengetahui judul lagu yang sedang diputar. Dan apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment