≡ Menu

Menampilkan atau Menyembunyikan Search Box di Windows 10

Menampilkan atau Menyembunyikan Search Box di Windows 10

Search Box atau yang dimaksud sebagai kotak pencarian adalah fitur yang sangat berguna sekali di Windows 10. Seperti mencari nama suatu program dengan cepat atau bahkan mencari nama file atau fungsi di pengaturan.

Mungkin kamu pernah melihat pada suatu komputer, Search Box yang tampil hanya berupa ikon saja dan bukanlah suatu kolom, atau sebaliknya. Dan kamu dapat mengubah tampilan Search Box pada komputer menjadi seperti itu, sesuai yang diinginkan.

Bahkan kamu juga dapat menyembunyikan Search Box apabila dirasa tidak membutuhkan. Akan tetapi menyembunyikannya bukanlah hal yang tepat, mengingat fitur ini sangat berguna sekali. Jika pun kamu tidak suka dengan tampilan berupa kolom panjang, mungkin menjadikannya sebagai ikon adalah sesuatu yang tepat.

Cara Menampilkan atau Menyembunyikan Search Box pada Windows 10

Hanya butuh beberapa klik saja dan kamu sudah dapat meng-kustomisasi search box yang ada di komputer. Silakan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Klik kanan pada taskbar.
  2. Lalu sorot pada bagian Search.

    Klik Kanan di taskBar dan Memilih Search

  3. Akan ada tiga pilihan, pilih salah satu antara menyembunyikan atau menampilkan.

    Menampilkan atau Menyembunyikan Search Box di Windows 10

  4. Dan tampilan Search Box akan langsung berubah saat itu juga.

    Tampilan Search Icon pada Windows 10

Tiga pilihan yang dimaksud pada langkah diatas antara lain adalah (1) Hidden yang berarti disembunyikan, kemudian (2) Show Search Icon yang berarti hanya menampilkan ikon pencarian saja. Dan yang terakhir adalah (3) Show Search Box yang berarti menampilkan Search Box tersebut.

Baca juga: Cara Mengubah Letak Taskbar pada Komputer Windows

Kesimpulan

Search Box pada Windows 10 dapat ditampilkan maupun disembunyikan sesuai keinginan. Dan untuk mengaturnya, bisa dilakukan melalui opsi klik kanan pada Taskbar. Sebagai saran apabila kamu membenci dengan tampilan pencarian panjang tersebut, cukup pilih Show Search Icon untuk menampilkan hanya ikon.

Sehingga menu pada taskbar tetap rapi dan fitur pencarian pada komputer masih ada. Memang benar dulunya mencari segala hal bisa dilakukan melalui START Menu, namun kini fitur itu dipisah. Dan pada START Menu hanya diberikan opsi untuk mencari program berdasarkan abjad.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment