≡ Menu

Cara Memaksa Suatu Program Memakai GPU Nvidia

Pernahkah kamu membuka sebuah program atau game yang tidak mendeteksi adanya GPU Nvidia pada komputer/laptop? Sehingga program tersebut menggunakan integrated graphics yang mana itu kurang maksimal untuk keperluan. Tapi dengan sedikit paksaan, pasti GPU Nvidia dapat digunakan untuk program tersebut.

Maksud dari “memaksa” disini adalah tindakan yang baik supaya program dapat berjalan bersamaan dengan GPU Nvidia. Sedikit contohnya seperti program Adobe Photoshop yang tidak mendeteksi adanya GPU Nvidia pada komputer, nah itu bisa dipaksakan supaya GPU dapat berjalan pada program Photoshop.

Dan tentunya cara yang akan dibagikan disini 100% aman tanpa ada resiko sekalipun. Sebab tata caranya langsung menggunakan fitur yang disediakan oleh Nvidia untuk membatasi program apa saja yang dapat dijalankan dengan GPU.

Cara Paksa Program Memakai GPU Nvidia

Secara default pada setelan Nvidia, semua program diatur sebagai Auto. Dan biasanya Nvidia langsung dapat mendeteksi program mana yang membutuhkan GPU atau cukup dengan Integrated Graphics.

Jadi tutorial ini akan menyetel supaya suatu program tidak diatur Auto dan langsung menggunakan GPU Nvidia. Silakan simak dan praktekkan langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Pada desktop silakan klik kanan dan pilih NVIDIA Control Panel.

    Pilih NVIDIA Control Panel

  2. Klik menu Manage 3D Settings.

    Klik Manage 3D Settings

  3. Lalu pada bagian “I would like to use the following 3D settings“, silakan pilih Program Settings.

    Pilih Program Settings

  4. Pilih programnya. Dan kemudian atur sebagai High Performance NVIDIA Processor.

    Memaksa Program Memakai GPU Nvidia

  5. Tahap terakhir, klik tombol Apply dan jalankan programnya.

    Cara Paksa Suatu Program Memakai GPU Nvidia

Kini pasti program tersebut dapat mendeteksi GPU Nvidia dengan baik. Namun jika masih tidak mendeteksinya, silakan restart terlebih dahulu komputernya dan kemudian jalankan programnya.

Baca juga: Cara Update Driver NVIDIA GeForce Paling Mudah

Kesimpulan

Kamu hanya perlu mengubah setelan Nvidia untuk program tertentu dari Auto menjadi GPU Nvidia saja. Biasanya statistik GPU juga dapat dilihat melalui Task Manager, untuk mengetahui berhasil tidaknya berdasarkan load.

Dan apabila sekiranya tidak ada opsi NVIDIA Control Panel di desktop, silakan klik kanan pada ikon Nvidia yang terletak di toolbar, dan setelah itu pilih NVIDIA Control Panel.

Menuju NVIDIA Control Panel Melalui Toolbar

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment