≡ Menu

Cara Melihat Jam Dunia di Android

Cara Melihat Jam Dunia di Android

Biasanya seseorang akan membuka internet ketika ingin melihat jam dunia, dan kadang beberapa dari mereka juga melakukan konversi waktu, contohnya dari WIB ke PST, atau lain sebagainya. Tapi dengan ponsel Android, sebenarnya itu tidak diperlukan lagi.

Terdapat fitur atau aplikasi bawaan bernama Jam di seluruh ponsel Android yang memungkinkan pengguna dapat mengetahui jam pada seluruh dunia secara akurat. Sehingga kamu tidak perlu membuka internet lagi dan bisa mengetahuinya secara praktis.

Sebenarnya tak hanya jam dunia saja fitur didalamnya. Tetapi juga pewaktu dan stopwatch, yang mana itu penting untuk beberapa orang. Dari sekian ponsel Android yang telah Saya jumpai, selalu memiliki fitur Jam Dunia, dan tak ada salahnya untuk kamu mencobanya.

Mengetahui Jam Dunia di Ponsel Android

Kamu tidak perlu memasang aplikasi lagi, karena sepert dijelaskan diatas bahwa fitur Jam Dunia ini sudah terdapat pada aplikasi bawaan di Android. Dan berikut ini tutorial mengetahui dan menambahkan jam dunia di Android.

  1. Buka aplikasi Jam.
  2. Silakan menuju menu Jam Dunia.

    Jam Dunia di Android

  3. Ketuk tombol Tambah Jam Dunia atau pada contoh dibawah ini adalah tombol PLUS (+).

    Ketuk Tombol Tambah Jam Dunia

  4. Selanjutnya pilih area negara atau zona waktu.

    Pilih Area atau Zona Waktu

  5. Selesai, kini kamu dapat mengetahui jam dunia dengan mudah.

    Mengetahui Jam Dunia di Android

Pada beberapa ponsel, terdapat pula fitur untuk menambahkan widget pada layar. Sehingga kamu tidak perlu bolak balik membuka aplikasi hanya untuk melihat jam dunia. Dan sekali lagi, jam yang muncul sangatlah akurat layaknya kamu mengetahui dari internet.

Baca juga: Cara Membuat Penghitung Waktu Mundur di Android

Tambah Widget Jam Dunia di Layar

Tidak semua ponsel memiliki widget bawaan untuk menerapkan jam dunia pada layar utama. Dan untuk menambahkannya sangat sederhana, silakan tekan lama pada layar utama atau homescreen, dan kemudian pilih Widget.

Setelah itu ketuk pada bagian Jam dan pilihlah widget Jam Ganda. Lalu atur zona waktu jam yang ingin ditambahkan.

Menambahkan Widget Jam Dunia

Apabila kamu ingin menambahkan lebih dari dua zona waktu jam, silakan tambahkan lagi widget yang baru. Sebab maksimal dari widget jam ganda hanyalah dua zona waktu saja, tidak bisa lebih dari itu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment