≡ Menu

Cara Mengubah Resolusi Layar di Ponsel Samsung

Pada sebagian ponsel Samsung, khususnya yang telah menggunakan ROM One UI diberikan fitur untuk mengatur resolusi layar guna untuk mendapatkan kenyamanan saat menggunakan ponsel. Sehingga pengguna dapat mengatur resolusi dari HD, FHD, atau bahkan WQHD.

Semakin tinggi resolusi layar yang diatur maka semakin tajam pula gambar yang akan ditampilkan pada layar. Dan tentunya kebanyakan orang lebih suka mengaturnya sebagai resolusi paling maksimal untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat memakai ponsel.

Tidak hanya di ponsel Samsung saja, bahkan di ponsel lain pun juga dapat mengatur resolusi layar dengan mudah. Dan pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatur resolusi layar di ponsel Samsung (One UI) dengan mudah dan sesuai kebutuhan.

Tutorial Mengubah Resolusi Layar di HP Samsung

Mohon untuk diketahui terlebih dahulu bahwa tutorial ini hanya dikhususkan untuk ponsel Samsung yang sedang berada di ROM One UI, jadi apabila ponsel kamu sekarang masih berada di ROM Samsung Experience, kemungkinan langkah untuk melakukannya akan berbeda.

  1. Buka ponsel dan menuju Pengaturan.
  2. Ketuk pada menu Tampilan.

    Ketuk Menu Tampilan

  3. Lalu ketuk menu Resolusi Layar.

    Ketuk Menu Resolusi Layar

  4. Pilih resolusi yang diinginkan.

    Proses Mengubah Resolusi Layar di Ponsel Samsung

  5. Tahap terakhir, ketuk tombol Gunakan untuk menerapkannya.

Setelah memilihnya, ponsel tidak perlu di-restart, alias perubahan akan langsung terjadi setelah memilih jenis resolusi. Untuk mengecek perbedaanya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan gambar dengan resolusi tinggi (misalnya 4K) dan setelah itu bandingkan resolusi layar ponsel sambil melihat gambarnya. Pastinya jika diatur ke resolusi maksimal, warna gambar akan terlihat lebih padat.

Baca juga: Cara Membuat Video Menjadi Wallpaper di Android

Mengatasi Resolusi Layar Tidak Bisa Diubah

Jika menu Resolusi Layar tidak bisa diketuk atau greyed out, bisa jadi saat ini kamu sedang menghidupkan Mode Hemat. Untuk itu silakan matikan terlebih dahulu mode hemat daya dan lakukan kembali tutorial diatas.

Mengatur resolusi layar ke maksimal memang dapat mempengaruhi daya baterai, untuk itu sebagai saran apabila ingin baterai tetap awet untuk jangka lama, silakan atur ke resolusi menengah saja.

Sementara itu mengatur ke resolusi maksimal akan lebih cocok apabila ingin melakukan fotografi atau sedang menonton video, tampian layar akan lebih tajam dan pastinya memanjakan mata saat melihatnya.

Semoga bermanfaat dam Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment