≡ Menu

Cara Aman Mengganti Nomor WhatsApp

Seperti yang kita ketahui bahwa aplikasi WhatsApp kini sangat dibutuhkan untuk melakukan konversasi teks maupun panggilan video secara gratis. Satu keunikan dari aplikasi chat tersebut adalah menggunakan nomor telepon sebagai ID akun, sehingga membagikan kontak ke orang lain harus berfikir dua kali, mengingat nomor telepon bersifat pribadi.

Ada kalanya pengguna tidak lagi memiliki akses ke nomor telepon yang terdaftar pada akunnya, entah itu karena nomornya terblokir atau hilang. Tapi pastinya itu akan berpengaruh nantinya ke akun WhatsApp. Dan solusi untuk itu adalah mengganti nomor telepon di WhatsApp dengan nomor yang baru.

Tetapi beberapa pengguna khawatir terhadap kontak dan chat yang dimiliki saat ini, sehingga mereka kebingungan ingin mengganti nomor atau membiarkannya saja. Dan untuk itulah artikel ini dibuat, supaya kamu bisa mengganti nomor WhatsApp dengan aman tanpa kehilangan kontak atau bahkan chat selama ini.

Tutorial Mengganti Nomor WhatsApp

Jika kamu mengikuti langkah ini sampai akhir, sangat terjamin kontak dan konversasi tidak akan hilang. Jadi mulai dari sini, silakan simak dan jangan sampai melewati satu paragraf pun supaya tak ada kesalahan.

  1. Silakan menuju Setelan di aplikasi WhatsApp.

    Ketuk Menu Setelan di WhatsApp

  2. Lalu ketuk menu Akun.

    Ketuk Menu Akun

  3. Dan pilih menu Ganti Nomor.

    Pilih Menu Ganti Nomor WhatsApp

  4. Akan muncul peringatan, ketuk tombol Lanjut

    Ketuk Tombol Lanjut

  5. Sekarang isikan nomor telepon lama dan nomor baru yang ingin digunakan.

    Isikan Nomor Lama dan Nomor Baru

  6. Jika sudah, tekan tombol Lanjut dan tunggu kode verifikasi dikirimkan melalui SMS.
  7. Setelah itu nomor telepon WhatsApp berhasil untuk diganti.

Cobalah untuk mengecek bagian profil, pasti nomor sudah berganti. Tapi ini masih belum selesai, ada satu hal lagi yang perlu dilakukan supaya seluruh kontak bisa tahu nomor kamu yang baru.

Kirimkan Broadcast ke Seluruh Kontak

Secara umum sistem WhatsApp telah memberitahukan kepada seluruh kontak melalui konversasi terakhir yang menyatakan bahwa kamu telah berganti nomor. Atau contohnya seperti gambar dibawah ini.

Pesan Sistem Muncul di Konversasi Teman Setelah Mengganti Nomor WhatsApp Baru

Namun untuk lebih memastikan mereka telah menyimpan nomor kamu yang baru, ada baiknya untuk melakukan broadcast. Jadi silakan buat broadcast ke seluruh kontak dan kirimkan pesan bahwa kamu telah memiliki nomor yang baru.

Untuk membuat broadcast sangatlah mudah, cukup ketuk opsi titik tiga dikanan atas dan kemudian pilih Siaran Baru. Selanjutnya pilih kontak mana saja dan mulai kirimkan pesan ke mereka. Maksimal kontak per broadcast adalah 256 orang, jadi apabila kamu memiliki kontak lebih dari itu, silakan buat lebih dari 1 pesan broadcast.

Baca juga: Cara Mengubah Nomor Telepon di Akun Facebook

Bagaimana dengan Grup yang Diikuti?

Tenang, kamu tidak akan dikeluarkan pada grup dan tetap menjadi anggota meski telah berganti nomor. Nantinya di grup tersebut akan muncul peringatan kepada seluruh anggota bahwa kamu mengganti ke nomor yang baru.

Itulah tata cara untuk mengganti nomor WhatsApp secara aman. Jika kamu mengikuti langkah sampai kalimat ini, berarti kamu telah berhasil mengganti nomor WhatsApp. Dan jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai ini, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment