≡ Menu

Cara Mempercepat Loading Animasi di Android

Apakah kamu merasa loading animasi di Android terasa lama dan tidak secepat ponsel lainnya? Seperti contohnya ketika membuka aplikasi atau sekedar menggeser menu. Hal tersebut bisa jadi akibat perubahan pada pengaturan.

Secara normal, macet-macet yang terjadi ketika menggeser menu, atau melakukan hal-hal yang memunculkan loading animasi, terjadi akibat kapasitas RAM bebas yang kurang memadai. Tapi jika kamu merasa total RAM bebas pada ponsel masih banyak, bisa jadi memang masalahnya dari pengaturan.

Syukurnya pengguna dapat mengubah skala animasi yang muncul, itu dapat dipercepat atau diperlambat. Dan dalam kasus ini yang perlu diubah adalah mempercepat skala animasi tersebut, baik itu transisi, pembukaan aplikasi, dan lain-lain.

Cara Percepat Loading Animasi Android

Pertama, pastikan kamu telah mengaktifkan Developer Mode supaya bisa mengubah skala animasi terhadap ponsel. Jika belum mengaktifkannya, silakan baca terlebih dahulu pada artikel Cara Mengaktifkan Developer Mode Android.

Jika sekiranya Developer Mode sudah aktif, berikut ini tata cara mempercepat loading animasi di Android:

  1. Silakan masuk ke Pengaturan.
  2. Gulir kebawah dan ketuk Developer Mode atau Pilihan Pengembang.

    Menuju Pilihan Pengembang

  3. Gulir lagi kebawah sampai menemukan opsi Skala Animasi.

    Percepat Loading Animasi di Android

  4. Akan ada beberapa opsi, pilih salah satu. Misalnya disini Skala Animasi Transisi.
  5. Ubah menjadi Skala Animasi 0,5x.

    Mempercepat Loading Skala Animasi di Android

  6. Lakukan juga untuk Skala Animasi yang lainnya.

Dengan menurunkan skala animasi, pastinya loading animasi kini akan terasa lebih cepat dari biasanya. Silakan bandingkan saja dengan sebelumnya, tentu akan ada perbedaan walau tidak signifikan.

Atau kamu juga bisa mematikan animasi jika itu yang diinginkan. Tapi itu bukan pilihan yang tepat, mengetahui transisi, jendela Android akan tampak lebih bagus dengan sedikit animasi. Sebagai tambahan, berikut ini sedikit tips untuk perangkat yang telah diroot.

Baca juga: Cara Mengatasi Android Lag Saat Menuju Home Screen

(Khusus ROOT) Pakai L Speed

Untuk pengguna ponsel ROOTED, kamu bisa mempercepat ponsel dan begitupula animasi lebih baik lagi dengan cara memasang aplikasi L Speed yang bisa diunduh melalui forum XDA Developers. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengoptimisasi kinerja ponsel supaya lebih cepat dari biasanya.

Namun berhubungan itu aplikasi untuk perangkat berstatus ROOTED, jadi Saya sangat menyarankan untuk melakukan full backup terlebih dahulu terhadap ponsel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Di aplikasi L Speed tersedia fitur untuk mempercepat animasi layaknya di Developer Mode, tapi terdapat tambahan lain, yang mana hasilnya nanti akan lebih halus dari biasanya. Kamu pasti takkan kecewa mengaktifkannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment