≡ Menu

Trik Mengirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Diketahui

Mengirim banyak email ke seluruh pelanggan sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan layanan pengiriman email profesional. Namun ada kalanya kamu ingin tetap menggunakan Gmail karena alasan tersendiri.

Tapi tahukah kamu bahwa mengirim pesan ke banyak penerima di Gmail sebenarnya tidak dapat melindungi privasi terhadap alamat email yang lain. Jadi para penerima akan tahu kamu mengirimkan email kepada siapa saja.

Dan dengan sedikit trik, kamu bisa melindungi privasi terhadap seluruh alamat penerima yang ada. Pesan kamu akan terkirim dan para penerima takkan bisa melihat alamat email penerima yang lainnya. Ingin tahu bagaimana triknya? Lanjutkan simak baik-baik mulai dari sini.

Trik Mengirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Diketahui

Kirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Diketahui

Trik ini menggunakan fitur BCC atau singkatan dari Blind Carbon Copy yang telah disediakan pada Gmail. Tujuannya sama seperti kolom Penerima, hanya saja nantinya seluruh penerima takkan tahu kamu mengirimkan pesan kepada siapa saja.

  1. Buat pesan baru, klik tombol Tulis.

    Klik Tombol Tulis Gmail

  2. Pada kolom Kepada, silakan kosongkan saja.
  3. Kemudian disampingnya silakan pilih opsi Bcc.

    Klik Opsi Bcc

  4. Dan pada kolom Bcc, tulis semua email penerima.

    Mengirim Email ke Banyak Penerima Tanpa Diketahui

  5. Jika sudah, cukup buat pesannya dan kirimkan.

Silakan untuk mengetes terlebih dahulu ke alamat email pribadi kamu yang lain dan lihatlah hasilnya. Cara ini pastinya berfungsi dengan baik dan pesan pun tidak akan masuk ke folder spam.

Mungkin kamu juga bertanya-tanya, kenapa di kolom Kepada harus dikosongkan? Itu karena kolom tersebut sudah tergantikan dengan memilih opsi Bcc. Tak usah khawatir, dengan mengosongkan kolom tersebut, pesan kamu akan tetap terkirim kepada mereka.

Baca juga: Cara Mendaftar GMail Tanpa Verifikasi Nomor HP

Batasan Mengirim Pesan di Gmail

Ketahui juga bahwa Gmail memiliki batasan tersendiri, dimana kamu hanya diperbolehkan untuk mengirim pesan dengan total 500 penerima dalam satu pesan. Jadi apabila kamu memiliki lebih dari 500 pelanggan, maka urungkan untuk menggunakan Gmail dan beralih ke penyedia layanan kirim email profesional.

Satu-satunya tujuan dari batasan pengiriman email yang diterapkan oleh Google adalah menghindari terjadinya spam.

Jika kamu mendapatkan notif seperti berikut ini “You have reached a limit for sending mail” itu berarti pengiriman pesan pada akun Gmail telah dibatasi. Biasanya itu akan di-reset dalam 24 jam. Jadi silakan tunggu sehari untuk mengirimkan pesan lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment