≡ Menu

Solusi Kalkulator Bermasalah pada HP Android

Solusi Kalkulator Bermasalah pada HP Android

Menghitung sesuatu akan terasa lebih cepat dengan bantuan kalkulator. Dulunya kalkulator merupakan alat portabel, tapi untuk sekarang banyak ponsel pintar yang telah memiliki jenis kalkulator yang lebih canggih untuk menghitung dengan benar.

Jawaban dari penghitungan aplikasi kalkulator yang ada di ponsel seharusnya tidak perlu diragukan lagi, karena itu sepenuhnya benar. Tapi jika kamu merasa penghitungan pada kalkulator salah dan tidak masuk akal, misalnya 1+1 hasilnya bukan 2, berarti terdapat masalah pada aplikasi tersebut.

Masalah yang seperti itu biasanya dialami oleh ponsel yang baru saja di-perbarui. Dan kalkulator sendiri merupakan aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus. Pada artikel ini akan diberikan solusi untuk mengatasi kalkulator yang bermasalah seperti itu, sehingga kamu dapat menghitung dengan kalkulator lagi tanpa khawatir jawabannya salah.

Mengatasi Kalkulator Bermasalah di Android

Jika kendala ini terjadi setelah kamu melakukan pembaruan, itu berarti kesalahan ini terdapat pada versi firmware yang digunakan sekarang. Bisa jadi itu merupakan bug yang belum diketahui oleh developer, atau sebagainya.

Namun sangat disarankan untuk menghapus data pada aplikasi kalkulator untuk mengembalikan setelan ke semula. Cara melakukannya sangatlah mudah, ikuti langkahnya dibawah ini.

Menghapus Data Aplikasi Kalkulator

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.
  3. Cari dan ketuk aplikasi Kalkulator.
  4. Kemudian ketuk tombol Hapus Data.

Setelah menghapus data terhadap aplikasi kalkulator, kamu bisa mencobanya lagi untuk menghitung. Apakah kini penghitungannya sudah tepat dan tidak bermasalah? Solusi diatas juga dapat digunakan untuk mengatasi aplikasi kalkulator yang tidak dapat dibuka atau force close secara tiba-tiba.

Baca juga: Photomath: Aplikasi Kalkulator Pintar untuk Android

Menggunakan Aplikasi Kalkulator yang Lain

Alternatifnya apabila cara diatas masih tidak berfungsi untuk mengatasi, silakan unduh aplikasi kalkulator lain di Play Store. Contohnya seperti Samsung Calculator. Dan cobalah tes menghitung dengan aplikasi kalkulator yang baru, apakah kini jawabannya tepat?

Jika jawabannya tepat, berarti masalahnya memang ada pada aplikasi kalkulator bawaan ponsel. Untuk hal ini kamu bisa menonaktifkan aplikasi kalkulator bawaan ponsel sambil menunggu adanya update perangat lunak selanjutnya yang biasanya hadir dengan pembetulan terkait masalah ini.

Ada banyak aplikasi kalkulator yang lebih baik dibanding bawaan ponsel. Sebagai contoh seperti Photo Math yang mampu menghitung sesuatu dengan cara memotretnya saja. Cukup pilih aplikasi kalkulator alternatif yang kamu rasa cocok untuk digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment