≡ Menu

Mengatasi Keyboard Tidak Tampil di HP Android

Keyboard pada ponsel Android sangatlah dibutuhkan untuk mengetik di segala aplikasi, jika terdapat kesalahan pada keyboard, pastinya akan menjadi masalah serius, dimana kamu takkan bisa menggunakan ponsel dengan semestinya.

Jika keyboard pada ponsel tidak tampil, normalnya hal tersebut bisa disebabkan akibat aplikasi keyboard yang galat, dan bisa diatasi dengan cara paling mudah, yaitu me-restart ponsel. Tapi bagaimana jika sudah me-restart tapi keyboard masih tidak muncul?

Tak usah khawatir, karena artikel ini akan memberikanmu solusi terkait masalah keyboard yang tidak tampil. Yang pasti masalah ini masih bisa diatasi dengan cara yang mudah dan tanpa harus melakukan flashing.

Mengatasi Keyboard Tidak Tampil di HP Android

1. Hapus Data Aplikasi Keyboard

Salah satu keganjalan yang kadang terjadi adalah akibat pengaturan yang salah pada keyboard. Jadi dengan mereset pengaturan tersebut akan membuat keyboard kembali menjadi seperti semula. Bisa jadi kamu tidak menyadari telah mengatur sesuatu pada setelan keyboard dan mengakibatkannya tidak tampil.

Untuk mulai menghapus data keyboard, silakan masuk ke Pengaturan Aplikasi, kemudian pilih aplikasi Keyboard dan ketuk tombol Hapus Data.

Mengatasi Keyboard Tidak Muncul

Setelah menghapus data, silakan coba buka pesan SMS. Pasti kini keyboard sudah dapat muncul dengan baik. Namun jika masih bermasalah, silakan coba solusi berikutnya.

2. Pastikan Keyboard Telah Aktif

Walau secara umum keyboard sudah aktif otomatis setelah perangkat di-reboot. Tapi barangkali terjadi kegagalan saat mengatur keyboard pada sistem sehingga itu tidak aktif. Jika keyboard tidak diaktifkan, pastinya sistem takkan bisa menampilkannya.

Silakan cek bagian Pengaturan, menuju menu Bahasa dan Input. Cek pada opsi Keyboard default dan pilih salah satu dari yang tampil disana. Sebagai contoh disini adalah Samsung Keyboad.

Aktifkan Keyboard di Android

Setelah kamu memilihnya, harusnya kini keyboard sudah dapat muncul pada layar.

Baca juga: Cara Matikan Autocorrect pada Google Keyboard Android

3. Menggunakan Aplikasi Keyboard Lain

Solusi ketiga ini dapat kamu terapkan apabila kedua solusi diatas tidak membuahkan hasil. Ini juga merupakan solusi terakhir yang dapat kamu coba. Karena apabila cara kedua diatas tidak berhasil, itu berarti masalahnya ada di aplikasi keyboard bawaan ponsel.

Jadi dengan mengganti aplikasi keyboard tersebut, memungkinkan keyboard dapat tampil dengan normal. Dan kamu bisa mengunduh aplikasi keyboard di Play Store. Seperti contohnya GO Keyboard, TouchPal, Gboard. Cukup unduh satu aplikasi saja.

Mengganti Aplikasi Keyboard yang Tidak Muncul di Android

Jika sudah memasang aplikasinya, silakan ikuti intruksi pada dalam aplikasi untuk mengaktifkan Keyboard. Dan setelah itu cek kembali apakah kini keyboard sudah bisa tampil atau masih tetap sama.

Tiga cara diatas adalah solusi paling termudah untuk mengatasi keyboard yang tidak muncul pada Android. Dan jika semua cara diatas tidak berhasil, satu-satunya solusi hanyalah me-reset ponsel atau melakukan flashing. Namun Saya rasa beberapa cara diatas sangat ampuh untuk mengatasi, sehingga me-reset atau bahkan flashing sangat tidak diperlukan lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment