≡ Menu

Chat WhatsApp Telat Masuk? Ini Solusinya

Chat WhatsApp Telat Masuk? Ini Solusinya

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang wajib dipasang pada ponsel, hal tersebut karena pengguna dapat berkomunikasi secara gratis seperti mengirim pesan teks atau melakukan panggilan telepon dan video. Dan yang dibutuhkan satu-satunya adalah koneksi internet saja.

Kendala yang ada di WhatsApp bermacam-macam. Tapi satu kendala yang paling menjengkelkan adalah pesan atau chat yang telat masuk. Sehingga pengguna tidak tahu jika ada seseorang yang menghubunginya karena seolah pesan tersebut belum terkirim.

Pengirim pesan biasanya akan melihat satu tanda centang apabila chat/pesan belum terkirim. Itu menandakan bahwa ponsel penerima sedang tidak online atau dalam kondisi tidak membuka aplikasi WhatsApp.

Bagaimana Mengatasi Pesan WhatsApp Telat Masuk?

Ada setidaknya tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kendala ini. Yang jelas masalah ini masih dapat diatasi dan dengan melakukan satu-per-satu cara dibawah ini, pastinya chat WhatsApp nantinya akan masuk normal tanpa telat lagi.

1. Jangan Aktifkan Mode Hemat Daya

Mode hemat baterai yang ada di ponsel biasanya akan membatasi beberapa hal, seperti maksimal penggunaan CPU dan juga maksimal penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga itu mempengearuhi proses WhatsApp yang sedang berjalan.

Jadi apabila sekarang kamu berada di mode hemat daya, coba matikan dan tes sekali lagi. Pasti chat akan langsung masuk seketika. Selain itu, mode hemat daya ini juga bisa mempengaruhi jaringan lho. Misalnya internet akan dinonaktifkan sementara ketika ponsel berada di mode tidur atau layar terkunci.

2. Kunci Aplikasi WhatsApp di Task Manager

Bisa jadi proses WhatsApp di latar belakang terhentikan oleh aplikasi lain semacam pembersih RAM. Untuk itu, kuncilah aplikasi WhatsApp tersebut pada task manager. Setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda, namun pastinya fitur untuk mengunci ini akan selalu ada.

Kunci Aplikasi WhatsApp di Task Manager

Dengan menguncinya, kini aplikasi WhatsApp akan terus berjalan dan kamu takkan pernah lagi mengalami keterlambatan dalam menerima pesan dari seseorang.

Baca juga: Tips Mencegah Pesan WhatsApp Disadap Orang Lain

3. Biarkan WiFi Menyala Saat Mode Tidur

Ini hanya dikhususkan bagi kamu yang menggunakan jaringan WiFi. Secara default, WiFi akan dimatikan apabila tidak digunakan dalam jangka waktu lama saat layar ponsel terkunci. Namun kamu masih dapat mengaturnya supaya jaringan WiFi bisa terus menyala.

Ini berada pada setelan WiFi. Walau pada setiap ROM ponsel berbeda-beda menunya. Tapi kebanyakan opsi ini berada di bagian Setelan Lanjutan WiFi.

Biarkan WiFi Tetap Menyala

Nah, setelah mengaktifkannya, sekarang kamu tak usah khawatir lagi ketika kondisi memakai WiFi. Pemberitahuan chat WhatsApp dan segala aplikasi akan up-to-date tanpa telat lagi.


Sudahkah kamu melakukan salah satu dari ketiga solusi diatas? Jika sudah, apakah kini chat sudah masuk dengan normal atau masih tetap telat seperti sebelumnya? Jika sekiranya masih sama saja, silakan berkomentar dengan menuliskan tipe ponselnya, mungkin Saya dapat membantu lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment