≡ Menu

Cara Mengendalikan Ponsel Android dari Jarak Jauh

Pernah berfikiran untuk mengendalikan ponsel dari jarak jauh? Kini hal tersebut tidak lah mustahil untuk dilakukan. Kamu bisa mengakses ponsel dari mana saja, dan yang diperlukan hanyalah satu buah laptop untuk bisa mengendalikannya.

Hampir semua hal dapat dikendalikan, baik itu mengambil kamera, merekam video, atau bahkan membalas pesan chat Facebook, WhatsApp, dan lain sebagainya. Tentunya untuk dapat melakukan itu, diperlukan aplikasi tambahan bernama AirDroid.

Cara Kendalikan Ponsel Android dari Jarak Jauh

Tutorial yang dijelaskan pada artikel ini mungkin akan sedikit panjang. Namun selama kamu membaca sambil langsung mem-praktekannya, itu akan terasa cepat dan tentunya lebih mudah untuk dipahami. Baiklah, silakan simak baik-baik mulai dari sini.

Cara Mengendalikan Ponsel Android dari Jarak Jauh

#1. Pasang Aplikasi AirDroid dan Daftarkan Akun

Silakan unduh terlebih dahulu aplikasi AirDroid melalui Play Store. Ukurannya sekitar 30MB dan bisa digunakan mulai dari Android versi 4.0 keatas. Jika aplikasi sudah terpasang, silakan ikuti langkah dibawah ini untuk memulai dan mendaftarkan akun.

  1. Buka aplikasi AirDroid.
  2. Ketuk opsi SKIP dibagian kanan atas.

    Ketuk SKIP

  3. Awal kalinya, kamu akan diminta untuk mengizinkan beberapa hal. Jadi cukup izinkan akses tersebut.

    Izinkan Akses AirDroid

  4. Setelah sudah masuk ke aplikasinya, silakan menuju bagian Me dan ketuk opsi Tap to Sign in.

    Ketuk Tap to Sign In

  5. Ketuk opsi Sign Up dan isi formulir pendaftaran.

    Ketuk Sign Up untuk Mendaftar AirDroid

  6. Setelah pendaftaran telah selesai, tahap terakhir adalah melakukan verifikasi alamat emailnya.

Untuk melakukan verifikasi alamat email sangatlah mudah, cukup tuliskan kode pada pesan AirDroid yang dikirimkan melalui email. Hal ini berfungsi untuk membuka seluruh fitur supaya tidak dibatasi. Jadi dengan melakukan verifikasi, seluruh fitur dapat dinikmati tanpa ada kendala.

#2. Mulai Mengendalikan Ponsel Melalui Laptop

Setelah proses pendaftaran akun AirDroid telah selesai. Langkah selanjutnya adalah mulai untuk mengendalikan ponsel tersebut dari laptop. Pada laptop pun kamu tidak butuh untuk mengunduh program lagi, karena bisa mengaksesnya dari browser.

  1. Buka browser pada laptop dan menuju situs web WEB AirDroid.
  2. Silakan masuk dengan akun yang telah dibuat pada ponsel tadi.

    Masuk ke Akun AirDroid

  3. Setelah itu, silakan menikmati untuk mengendalikan ponsel Android melalui laptop.

    Mulai Mengendalikan Ponsel Android
    Mengendalikan Ponsel Android dari Laptop

Dari sini, kamu sudah bisa mengendalikan ponsel Android dengan mudah. Dan pastikan koneksi internet di ponselnya tetap dinyalakan supaya laptop bisa menghubungkan dengan baik.

Baca juga: Cara Mengetahui Mac Address di Android dan PC

#3. Menonaktifkan AirDroid

AirDroid akan terus berjalan pada latar belakang selagi terdapat koneksi internet. Namun jika sekiranya kamu sudah tidak ingin menggunakannya lagi, silakan ketuk opsi Disabled pada notif AirDroid seperti gambar berikut.

Menghentikan Proses AirDroid

Setelah menonaktifkannya, kini AirDroid sudah dimatikan dan notif tadi akan menghilang. Kecuali jika kamu membuka lagi apikasi AirDroid, maka itu akan berjalan kembali.

Cukup itu saja langkah untuk mengendalikan ponsel Android secara remote atau dari jarak jauh. Secara keseluruhan ini tampak sama seperti mengendalikan komputer dari jarak jauh memakai program TeamViewer, hanya saja perbedaannya kali ini adalah mengendalikan sebuah ponsel Android.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment